Pemerintah Dorong Inovasi Kreatif Produk Indonesia untuk Tembus Pasar Global

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

JAKARTA — Kunci produk Indonesia bisa menjadi raja di pasar nasional dan menembus pasar global yakni dengan menghadirkan produk berkualitas. Baik dari segi fungsi, desain maupun harganya.

Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih menyatakan dunia desain produksi makin berkembang, baik dalam skala nasional maupun global.

“Karena itu kami mendorong, semua pihak perusahaan dan desainer untuk terpacu mengeluarkan produk hasil inovasi kreatif agar bisa mencuri perhatian para konsumen. Tidak hanya pasar nasional tapi juga pasar global,” kata Gati dalam sosialisasi IGDS 2021 di Kementerian Perindustrian Jakarta, Selasa (23/3/2021).

Perlu dipahami, lanjutnya, bahwa produk saat ini tidak hanya berbicara fungsi tapi juga harus mengangkat sisi estetika serta masalah harga.

“Harga ini menjadi pertimbangan utama saat konsumen melihat suatu produk. Jadi pihak pemilik produk harus memperhatikan sisi ini,” ucapnya.

Selain itu, perubahan gaya hidup masyarakat di era new normal juga harus menjadi sumber kreativitas dan peluang bagi para pelaku desain.

“Desain produk ini akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi produk. Dibarengi dengan kemampuan beradaptasi pada kondisi saat ini, akan menjadikan produk tersebut
product leader di market,” ujarnya.

Tentunya untuk mewujudkan hal ini dibutuhkan kolaborasi antara desainer, perusahaan, pelaku industri dan pemerintah.

“Peran pemda sangat krusial untuk menemukan dan menggerakkan pelaku industri kreatif dari seluruh wilayah Indonesia untuk menghasilkan produk berkualitas yang dapat bersaing di pasar global dan nasional,” ungkapnya.

Belajar dari IGSD 2020 yang mayoritas produk masih berasal dari para pelaku industri di Jawa, Gati meminta kepada para pelaku industri di luar Jawa untuk mau terlibat lebih aktif di tahun ini.

“Dengan hadirnya para pelaku pencipta produk dengan kreativitas tinggi dari seluruh Indonesia akan menghasilkan produk potensial dengan desain terbaik untuk didorong ke pasar yang lebih luas lagi,” ucapnya.

Berangkat dari empat semangat, yaitu Nusatara untuk Global, Pengembangan Produk Berkesinambungan, Menuju Kekayaan Intelektual dan Energi Baru Indonesia, ia mengharapkan tujuan IGSD 2021 Produk Indonesia Berkarakter dapat tercapai.

“Jadi produk itu jangan hanya fungsional tapi juga inovatif dan adaptif serta bernilai ekonomi tinggi,” ucapnya.

Gati mengharapkan dari perhelatan IGSD 2021 ini bisa didapatkan produk jadi berkualitas dan konsep produk baru yang mendatangkan manfaat ekonomi bukan hanya bagi pencipta dan pemilik industrinya tapi juga untuk daerah dimana produk tersebut dilahirkan.

“Semoga gelaran ini menjadi motor bagi dunia desain nasional untuk menembus pasar internasional dengan mengembangkan inovasi kreatifitas,” pungkasnya.

Lihat juga...