Pemprov Riau Minta Kabupaten dan Kota Ajukan Usulan Angkutan Perintis

PEKANBARU — Pemerintah kabupaten dan kota se-Riau diminta segera mengusulkan layanan angkutan perintis di daerah masing-masing, karena keberadaan angkutan perintis penting dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat akan kebutuhan bertransportasi dengan mudah, lancar, dan layak.

“Angkutan perintis itu perlu segera dibangun dalam upaya mendukung aksesibilitas sektor perekonomian, sehingga perlu keterlibatan pemerintah dalam menyediakan angkutan umum yang layak, nyaman, dan murah kepada masyarakat,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau, Indra Putrayana di Pekanbaru, Jumat.

Dia memberi contoh, keterlibatan angkutan Damri di kabupaten kota di Riau dan untuk mewujudkannya, perlu dukungan dari pemerintah daerah, melalui Dinas Perhubungan daerah masing-masing.

Ia mengatakan untuk angkutan Damri, kendati masih dalam kajian namun perlu dukungan dari Dinas Perhubungan di daerah.

“Karenanya diharapkan daerah segera mengajukan usulan layanan angkutan perintis itu,” katannya.

Kepala Bidang Angkutan Jalan Dishub Riau Indrawansyah mengatakan jika dibandingkan Pulau Jawa,  Riau menempati nomor tiga terakhir terkait pemenuhan aksesibilitas transportasi.

Jika dibandingkan dengan daerah lainnya, kata Indrawansyah Riau harus berbenah di samping bisa memenuhi aksesibilitas transportasi,  juga bagaimana pelayanan masyarakat di daerah terpencil dan pedesaan dapat terbantu.

Ia mengatakan perlu didorong pengembangan rute baru angkutan perintis, karena sejak 8 Agustus 1957 berdirinya Provinsi Riau, hanya Kota Pekanbaru, Siak-Kandis serta Pekanbaru-Muara Takus yang terlayani dengan angkutan umum yaitu Trans Metro Pekanbaru dan Damri.

“Untuk kabupaten kota lainnya belum terlayani, masyarakat terpaksa membayar mahal untuk mendapatkan layanan transportasi karenanya Dinas Perhubungan Provinsi Riau sebagai fasilitator, koordinator, perlu terus mendorong terwujudnya layanan transportasi yang representatif di daerah sehingga persentase aksesibilitas yang terbangun meningkat,” katanya.

Sementara itu, Nofi Syamrizal, GM Perum Damri Cabang Pekanbaru kepada pers memaparkan soal kelengkapan dokumen apa saja yang diperlukan untuk pengajuan usulan angkutan jalan perintis.

Dia menambahkan angkutan jalan perintis Perum Damri siap melayani pengembangan rute baru angkutan perintis di Provinsi Riau.  [Ant]

Lihat juga...