Percepat Vaksinasi di Kalsel, Dokkes Polda Kerahkan Vaksinator

Kabid Dokkes Polda Kalsel, Kombes Pol dr Ubaidillah, menyaksikan vaksinasi COVID-19 yang diterima Direktur Intelkam Polda Kalsel, Kombes Pol Nur Romdhoni, Rabu (3/3/2021) – Foto Ant

BANJARMASIN – Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bid Dokkes) Polda Kalimantan Selatan (Kalsel), mengerahkan vaksinator yang dimiliki, untuk mempercepat program vaksinasi COVID-19 bagi anggota Polri di Bumi Lambung Mangkurat.

“Kami memiliki sejumlah tenaga vaksinator yang telah terlatih, sehingga mendukung kecepatan kerja dalam program vaksinasi tahap dua yang satu di antara sasarannya anggota Polri,” kata Kabid Dokkes Polda Kalsel, Kombes Pol dr Ubaidillah di Banjarmasin, Rabu (3/3/2021).

Polda Kalsel mencatat, sebanyak 150 anggotanya telah mengikuti vaksinasi di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri pada Rabu (3/3/2021). Mereka yang mengikuti vaksinasi di Mahligai Pancasila, dalam pencanangan vaksinasi tahap dua oleh Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal, ada 11 personel. Termasuk dihadiri Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikwanto.

“Jadi khusus di Kota Banjarmasin hari ini ada 261 personel telah divaksin, termasuk 100 anggota Polresta Banjarmasin, sedangkan polres lainnya juga melaksanakan namun datanya belum kami terima,” tutur Ubaidillah.

Sekira 50 anggota Bidang Dokkes dan urkes jajaran Polda Kalsel, juga telah divaksinasi terlebih dahulu, bersamaan vaksinasi untuk tenaga Kesehatan. Termasuk Kombes Pol dr Ubaidillah, yang menjadi polisi pertama di Kalsel yang mengikuti vaksinasi pada 14 Januari 2021 lalu bersama Forkopimda Kalsel.

Saat ini, jumlah anggota Polda Kalsel 8.205 personel. Dari jumlah itu, 351 anggota pernah terpapar COVID-19, dan telah dinyatakan sembuh.

Bagi penyintas COVID-19, tidak bisa divaksin berjenis Sinovac, sehingga Polda Kalsel menginstruksikan anggotanya dapat ambil bagian dalam aksi kemanusiaan donor darah plasma konvalesen. “Jadi anggota Polda Kalsel dan polres jajaran benar-benar skala prioritas dulu yang divaksin sesuai jatah kuota dosis vaksin yang tersedia,” jelasnya.

Vaksinasi COVID-19 tahap dua di Provinsi Kalimantan Selatan resmi dimulai Rabu (3/3/2021), dengan menyasar anggota TNI-Polri, petugas pelayanan publik, lansia, wartawan, pedagang pasar, hingga para sopir angkutan umum. (Ant)

Lihat juga...