Petani di Rokan Hilir Panen Padi Seluas 350 Hektare

Ilustrasi -Dok: CDN

PEKANBARU – Petani di Rokan Baru Pesisir, Kecamatan Pekaitan, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, memanen padi pada lahan seluas 350 hektare yang menghasilkan 1.500 ton beras.

“Rokan Baru Pesisi sebelumnya merupakan desa tertinggal, namun dengan berkembangnya areal persawahan, maka daerah ini menjadi desa berkembang dan menghasilkan,” kata Danrem 031/Wira Bima, Brigjen TNI M Syech Ismed dalam keterangannya di Pekanbaru, Rabu (31/3/2021).

Dia mengatakan, panen raya padi di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau terus bertambah signifikan, yang dikelola secara manual tanpa membakar lahan, serta penanaman padi tanpa menggunakan pupuk kimia.

Padi yang dipanen tersebut bagian dari program ketahanan pangan Binaan Kodim 0321/Rohil bersama Pemkab Rohil, di Rokan Baru Pesisir Kecamatan Pekaitan Kabupaten Rohil.

“Panen raya ini merupakan panen ke tiga yang telah dilaksanakan di Rohil. Lahan padi yang dipanen luasnya sekitar 350 hektare itu merupakan salah satu bukti hasil memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan bermanfaat, yang mampu meningkatkan ekonomi masyarakat,” katanya.

Ia menjelaskan, panen raya padi pertama sebelumnya, dilakukan di atas lahan 40 hektare yang memproduksi 180 ton beras. Berikutnya pada panen raya ke dua dilakukan di persawahan seluas 133 hektare dengan produksi 650 ton beras, terdiri atas beberapa jenis padi, seperti padi Perang Aceh, padi KKB, padi Kalus, padi Indragiri, padi Legawa dan padi Ramos.

Danrem mengatakan, program ketahanan pangan ini cukup baik dalam membantu meningkatkan ekonomi masyarakat, apalagi di daerah tertinggal.

“Selamat pada petani dan terima kasih pada pendamping yang telah melakukan pembinaan dalam pengelolaan pertanian, semoga hasil panen ini akan memotivasi petani untuk lebih giat lagi,” ujarnya. (Ant)

Lihat juga...