Pizza Ikan Tuna Khas Flores Timur Banyak Diburu

Editor: Makmun Hidayat

LARANTUKA — Ikan tuna banyak terdapat di Kota Larantuka, Flores Timur (Flotim), Nusa Tenggara Timur (NTT), namun belum banyak diolah menjadi menu masakan yang bernilai jual. Lusiana Gomez, warga setempat lantas mencoba membuat pizza berbahan ikan tuna.

“Saya melihat potensi ini, sehingga mencoba membuat pizza ikan tuna dan ternyata banyak yang tertarik dan membelinya,” sebut Lusiana Gomez saat dihubungi, Sabtu (20/3/2021).

Nona Gomez sapaannya menyebutkan, satu porsi ikan tuna berukuran kecil berisi 3 sampai 4 potong dijual dengan harga Rp20 ribu sementara ukuran sedang Rp25 ribu dan besar Rp30 ribu.

Dia menyebutkan, ukuran disesuaikan dengan tempat yang tersedia dan banyak warga memesan 2 sampai 3 porsi untuk dimakan bersama keluarga saat akhir pekan atau hari libur.

“Pembelinya lumayan banyak bahkan saya mengirimnya juga ke Kota Maumere. Tapi terkadang saya hanya membuatnya seminggu sekali atau dua kali saja agar pelanggan tidak bosan,” sebutnya.

Nona Gomez menyebutkan, untuk membuat rasa pizza tuna yang lezat maka pemilihan ikan tuna harus yang benar-benar berkualitas baik dan baru ditangkap nelayan.

Ia mengatakan, paling enak menggunakan ikan tenggiri namun ikan ini jarang didapat nelayan sehingga di pasar ikan pun jarang sekali dijual ikan tenggiri.

Dia mengakui dalam sehari bisa mengantongi keuntungan minimal Rp200 ribu hingga Rp300 ribu dan tergolong lumayan sebab pekerjaannya pun tidak terlalu sulit.

“Banyak yang meminta untuk mengajari mereka cara membuatnya namun saya tidak mau.Sudah banyak yang mengajak kerja sama tapi saya menolaknya,” ungkapnya.

Nona Gomez beralasan, dirinya  belajar khusus dengan mengeluarkan biaya untuk sekolah memasak. Apalagi dirinya berbisinis kuliner secara daring sehingga takut nanti kalau banyak yang sudah bisa membuatnya maka usahanya pun bisa sepi pembeli.

“Sudah banyak yang mengajak kerja sama usaha dan meminta diajari cara memasaknya namun saya tidak mau. Takutnya nanti mereka akan buka usaha lalu bisnis saya sepi pembeli,” ucapnya.

Maria Dalena seorang warga Kota Larantuka saat ditanyai mengakui, ikan tuna dan tenggiri terasa lebih enak kalau dibuat pizza karena rasa dagingnya lebih enak.

Maria menyebutkan,potensi ikan di Flores Timur terutama tuna sangat besar namun tidak banyak masyarakat yang mengolahnya menjadi kuliner yang bernilai jual dengan menu yang berbeda.

“Potensi ikan tuna besar sehingga ketersediaan bahan baku ikan tuna tidak terlalu sulit. Bisnis kuliner pun masih terbuka lebar namun saat pandemi corona sekarang ini memang belum terlalu laris,” ucapnya.

Lihat juga...