PM Australia Rombak Kabinet Untuk Perbaiki Posisi

CANBERRA – Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, merombak kabinetnya pada Senin ketika berusaha memperbaiki posisinya, menyusul serangkaian tuduhan yang merusak atas perlakuan buruk terhadap anggota parlemen dan staf perempuan.

Morrison telah berjuang untuk meredakan kemarahan publik di tengah tuduhan pelecehan seksual, diskriminasi terhadap perempuan, dan pelanggaran di parlemen.

Dalam sebuah langkah yang dirancang untuk mendapatkan kembali dukungan pemilih, Morrison mengatakan dia sekarang akan memiliki rekor tujuh anggota parlemen perempuan di Kabinetnya, saat dia memberikan promosi dan jabatan tambahan kepada lima perempuan.

“Saya selalu ingin memastikan ada suara yang kuat dari perempuan di pemerintahan saya, dan memang sudah ada. Tapi, saya pikir apa yang kami umumkan hari ini lebih dari itu,” kata Morrison kepada wartawan di Canberra.

“Saya memiliki wanita yang sangat cakap yang beroperasi di portofolio yang sangat penting.”

Saat mempromosikan beberapa anggota parlemen perempuan, Morrison juga memindahkan dua anggota parlemen yang menjadi subjek tuduhan. Keduanya, bagaimana pun tetap berada di kabinetnya.

Linda Reynolds akan meninggalkan peran menteri pertahanan dan akan digantikan oleh Peter Dutton, sebelumnya menteri dalam negeri.

Reynolds telah dikritik karena penanganannya atas tuduhan pemerkosaan oleh seorang anggota stafnya dua tahun lalu.

Christian Porter akan digantikan sebagai Jaksa Agung dan Menteri Hubungan Industrial oleh Michaelia Cash, yang dipromosikan dari jabatan Menteri Ketenagakerjaan, Keterampilan dan Usaha Kecil.

Porter adalah subjek dari tuduhan pemerkosaan bersejarah yang dia bantah, dan saat ini sedang dalam cuti kesehatan mental.

Polisi mengatakan, pada 2 Maret tidak cukup bukti untuk menyelidiki dugaan pemerkosaan, karena penuduh sudah tidak hidup lagi.

Sebuah jajak pendapat yang dilakukan untuk surat kabar Australia pada Senin, menunjukkan dukungan publik Morrison turun tujuh poin dalam dua minggu menjadi 55 persen, level terendah dalam setahun.

Pemerintahan Morrison juga membuntuti oposisi Partai Buruh dengan basis pilihan dua partai, di mana suara untuk partai-partai kecil didistribusikan, dengan 52-48. Jika hasil jajak pendapat dicerminkan kembali pada pemilu, Partai Buruh akan menang. (Ant)

Lihat juga...