Prawira Bandung Atasi Perlawanan Sengit Amartha Hangtuah

JAKARTA — Prawira Bandung kembali ke jalur kemenangan dalam lanjutan seri ketiga Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2021 dengan mengalahkan Amartha Hangtuah dengan skor 82-77 di gelembung Robinson Resort, Bogor, Minggu.

Kemenangan tersebut menjadi yang ketujuh kalinya bagi Prawira Bandung dalam 10 pertandingan mereka. Sebaliknya, hasil ini memperburuk rekor pertandingan Hangtuah menjadi sembilan kalah dan satu menang.

Firman Dwi Nugroho menjadi pencetak angka terbanyak kemenangan Prawira lewat 19 poin, diikuti Abraham Damar Grahita dengan 12 poin, serta Diftha Pratama dan Reza Guntara yang masing-masing berkontribusi 10 poin, demikian catatan statistik IBL.

Sedangkan di kubu Hangtuah, Stevan Wilfredo Neno yang memulai gim dari bangku cadangan memimpin perolehan angka lewat 28 poin dan Oki Wira Sanjaya mengemas 12 poin.

Firman Dwi Nugroho mengatakan kemenangan tersebut diraih karena mereka telah belajar dari kekalahan yang dialami Prawira dari Satria Muda, Jumat (26/3).

“Kami belajar dari kekalahan melawan Satria Muda. Kami coba bermain lebih solid dan saling berbagi defense. Tugas saya memang membantu attack di bawah jaring,” kata Firman usai laga.

Hangtuah sempat memberikan perlawanan sengit setidaknya hingga delapan menit pertandingan berlangsung saat skor kedua tim imbang 16-16. Lantas jump shot dari Raymond Shariputra membawa Prawira memimpin 18-16 saat kuarter pertama usai.

Memasuki kuarter kedua, Prawira masih unggul berkat dominasi mereka di paint area. 20 poin yang dicetak mampu membawa Prawira menjauh 38-31 pada paruh pertama pertandingan.

Hangtuah kembali memberikan ancaman di babak kedua. 22 poin yang dibukukan Abraham Wenas dkk. di kuarter ketiga mampu membawa mereka mendekat untuk memperkecil ketertinggalan perolehan angka menjadi 52-60.

Namun Prawira berhasil meredam kebangkitan Hangtuah serta menjaga keunggulan mereka di kuarter keempat untuk memenangi pertandingan 82-77.

“Kami tak tahu harus bagaimana lagi, game plan sudah berjalan tetapi 1 menit terakhir anak-anak kehilangan fokus,” kata Asisten pelatih Hangtuah, Harry Prayogo.

Prawira Bandung saat ini berada di peringkat dua klasemen sementara Divisi Putih IBL 2021 dengan koleksi 17 poin, sedangkan Hangtuah di posisi kelima dengan 11 poin.

Prawira akan melanjutkan seri ketiga dengan membawa misi revans saat menghadapi Indonesia Patriots pada Senin (29/3), sedangkan Hangtuah bakal melawan West Bandits Solo satu hari setelahnya. (Ant)

Lihat juga...