Ribuan Bibit Buah Unggul Dibagikan KSDA Agam

LUBUKBASUNG — Resor Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Agam, Sumatera Barat membagikan 9.000 batang bibit buah-buahan unggu ke warga setempat dalam menjaga kelestarian hutan dan membantu meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Kepala Resor Konservasi Sumber Daya Alam Agam, Ade Putra mengatakan 9.000 bibit itu berupa durian 2.000 batang, jambu madu 2.000 batang, mangga 2.000 batang dan alpokat 3.000 batang.

“Bibit yang memiliki label itu berasal dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Agam Kuantan dan sampai dari Binjai, Sumatera Utara ke kantor KSDA Agam, Sabtu (27/3) sore,” katanya di Lubukbasung, Minggu (28/3/2021).

Ia mengatakan, bibit itu diperuntukan bagi warga dan kelompok tani yang tinggal di wilayah Resor KSDA Agam.

Bibit itu bakal dibagikan dalam waktu dekat dengan syarat mengajukan permohonan yang dilengkapi fotocopi KTP, memiliki lahan dan lainnya.

“Saat ini kita sedang megimpun warga dan kelompok tani yang bakal mendapatkan bantuan itu,” katanya.

Ia mengakui pendistribusian bibit itu dalam rangka menyukseskan Program Indonesia Menanam, mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap kawasan hutan, sehingga hutan tetap terjaga.

Selain itu meningkatkan ekonomi masyarakat setempat, karena beberapa tahun kedepan tanaman itu akan berbuah yang bisa dijual.

“Hasil penjualan buah-buahan akan menambah pendapatan mereka,” katanya.

Pada 2020, tambahnya, Resor KSDA Agam juga membagikan 4.000 bibit tanaman jenis durian, alpokat, mangga dan jambu madu kepada warga sekitar. (Ant)

Lihat juga...