Sayur Bening Daun Kelor, Masakan Rumahan Kaya Manfaat

Editor: Makmun Hidayat

JEMBER — Hampir setiap orang sudah tidak asing lagi dengan masakan rumahan berbahan daun kelor. Yakni kuah bening daun kelor, dengan tambahan jagung manis mempercantik sajian masakan yang dibuat.

Nadia salah satu warga Karangharjo, Kecamatan Silo, Jember mengatakan, sayur bening merupakan hidangan yang paling mudah untuk dibuat, dalam proses pembuatannya pun tidak memerlukan waktu yang cukup lama.

“Dalam tahapan proses pembuatan sayur bening yang saya lakukan tidak memerlukan waktu lama, untuk membuatnya sendiri pun saya rasa cukup mudah untuk dilakukan. Karena bahan yang digunakan sangat mudah untuk didapatkan,” ujar Nadia Ulfa kepada Cendana News saat ditemui di rumahnya,  Sabtu (20/3/2021).

Nadia Ulfa, warga Karangharjo, Silo, Jember, Sabtu (20/3/21). -Foto : Istimewa

Sebagai bahan dasar yang digunakan, daun kelor memiliki kandungan manfaat yang sangat baik untuk tubuh manusia, seperti dapat menambah nutrisi untuk tubuh, memiliki kekayaan antioksidan, membantu mengatasi kanker, dan manfaat lainnya. Tak jarang masakan sayur bening daun kelor diminati setiap orang.

“Untuk daun kelor sendiri cukup mudah didapatkan, apalagi saya yang hidup di desa. Sangat mudah sekali dalam membudidayakannya. Kuah bening identik dengan hasil masakan yang menyegarkan, apalagi di saat seperti ini cuaca lagi panas-panasnya,” ucapnya.

Dalam pembuatan sayur bening dapat menggunakan olahan dari bumbu yang simpel, serta mudah untuk digunakannya.

“Bumbu yang perlu di persiapkan mudah sekali, seperti hanya perlu menyiapkan bawang merah, bawang putih, gula garam dan penyedap rasa. Untuk menambah aroma semakin terasa, tinggal menambahkan dengan bahan dasar temu kunci,” ucapnya.

Dalam menikmati sajian masakan sayur bening daun kelor, lebih terasa nikmatnya saat dalam keadaan masih hangat setelah dimasak.

“Saya sendiri memakannya suka saat masih keadaan hangat, rasanya enak, sedap dan segar. Apapun lauknya saat sayurnya kuah bening, rasa bakalan selalu enak dan pas,” ucapnya.

Nadia Ulfa sengaja memanfaatkan hari libur digunakan untuk beraktivitas memasak, agar dapat menikmati makan bersama dengan keluarganya.

“Masakan rumahan akan tetapi selera rasanya tidak kalah eksis,” ucap anggota keluarga, Sulistiani.

Ia mengatakan selera rasa pada masakan kuah bening khas. Walaupun masakan sederhana, tetapi rasanya tidak kalah enak dengan masakan lainnya.

“Biasanya saya sama keluarga cukup menambahkan lauk dengan ikan kering dan sambal, rasanya sudah bisa membuat selera makan bertambah,” pungkasnya.

Lihat juga...