Sembilan Desa di Aceh Selatan Dilanda Banjir

Warga melintasi genangan banjir di sebuah desa di Kabupaten Aceh Selatan, Aceh. Hingga Ahad (7/3/2021) malam, sebanyak sembilan desa di tiga kecamatan di daerah tersebut terendam banjir dengan ketinggian air mencapai sekitar 50 sentimeter – Foto Ant

MEULABOH – Sebanyak sembilan desa, yang tersebar di tiga kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh, terendam banjir. Air dengan ketinggian mencapai 50 sentimeter merendam, setelah kawasan tersebut dilanda hujan lebat sejak Sabtu (6/3/2021) malam.

“Cuaca ekstrem menyebabkan angin kencang dan hujan lebat disertai petir di wilayah Aceh Selatan,” kata Petugas Pusat Pengendalian Data dan Informasi (Pusdatin) Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Haslinda Juwita, Minggu (7/3/2021) malam.

Adapun sebaran banjir tersebut, masing-masing terjadi di Desa Gampong Baru, Desa Jilarang, Desa Madat, serta Desa Balai Kabupaten Samadua, Aceh Selatan. Banjir juga melanda Desa Panton Luas, Desa Sawang Mutiara, Desa Sawang Meuligoe Kecamatan Sawang, serta Desa Lhok Bengkuang, Kecamatan Tapaktuan, Aceh Selatan.

Selain merendam puluhan rumah di tiga kecamatan di Aceh Selatan tersebut, banjir juga menyebabkan satu unit gedung sekolah PAUD dan sebuah rumah warga di Desa Panton Luas, Kecamatan Sawang, juga terdampak. “Hingga Ahad (7/3/2021) malam, banjir masih menggenangi rumah warga,” jelasnya.

Saat ini, petugas BPBD Aceh Selatan, terus melakukan upaya pendataan, guna memastikan jumlah warga yang terdampak akibat bencana alam tersebut. (Ant)

 

Lihat juga...