Sempat Anjlok, Omzet ‘Warung Kita’ di DCML Trirenggo Berangsur Naik

Editor: Makmun Hidayat

YOGYAKARTA — Sempat terdampak pandemi Covid-19, unit usaha Warung Kita/Warung Damandiri yang dikelola Koperasi Gemah Ripah Trirenggo, Bantul, diketahui mulai menunjukkan perkembangan positif sejak beberapa waktu terakhir. 

Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah total pendapatan atau omzet warung di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Trirenggo Bantul Yogyakarta itu, yang tercatat mengalami kenaikan secara perlahan setiap bulannya.

Manager Umum Koperasi Gemah Ripah Trirenggo Bantul, Ambyah, menyebut saat awal pandemi setahun lalu, pendapatan unit usaha Warung Kita Trirenggo, sempat mengalami penurunan. Yakni hanya sekitar Rp75 juta per bulan saja.

Manager Umum Koperasi Gemah Ripah Trirenggo Bantul, Ambyah, Sabtu (20/3/2021). -Foto: Jatmika H Kusmargana

Hal tersebut disebabkan karena pembatasan jam operasional warung, maupun pengaruh penurunan daya beli masyarakat akibat pandemi.

Meski begitu, secara perlahan omzet warung saat ini diketahui mulai meningkat, seiring semakin membaiknya kondisi ekonomi masyarakat di masa new normal.

Hingga Maret 2021 ini, omzet unit usaha Warung Kita Trirenggo tercatat mulai meningkat menjadi sekitar Rp85 juta per bulan. Yang terdiri dari omzet layanan penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) rutin senilai Rp70 juta, serta omzet dari hasil penjualan produk dagangan senilai Rp15 juta per bulan.

“Sebagaimana dialami pelaku usaha lainnya, kita sangat terdampak adanya pandemi Covid-19 setahun terakhir. Saat awal-awal pandemi kita bahkan sempat tidak beroperasi sehingga mengakibatkan omzet menurun drastis. Namun kini secara perlalan, omzet warung mulai membaik,” katanya.

Selain karena faktor membaiknya kondisi ekonomi masyarakat, perkembangan positif unit usaha Warung Kita Trirenggo ini juga tak lepas dari adanya sejumlah inovasi yang dilakukan Koperasi Gemah Ripah Trirenggo selaku pengelola. Termasuk juga pelayanan penyaluran BPNT yang dilakukan secara maksimal.

“Adanya pelayanan BPNT sangat membantu warung. Karena setiap bulan kita bisa rutin menyalurkan bantuan pangan dari pemerintah kepada sekitar 350 masyarakat miskin di Desa Trirenggo. Total nilai barang yang kita salurkan mencapai Rp70 juta per bulan,” katanya.

Sebagaimana diketahui, Warung Damandiri/Warung Kita Trirenggo merupakan salah satu unit usaha Koperasi Gemah Ripah yang didirikan Yayasan Damandiri sejak tahun 2017 lalu melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML). Selain menjadi salah satu sumber pendapatan koperasi, Warung Kita Trirenggo juga diharapkan berfungsi sebagai penggerak ekonomi desa.

Warung yang menjual berbagai kebutuhan pokok sehari-hari seperti sembako maupun aneka makanan dan minuman ini diharapkan bisa menjadi tempat kulakan bagi anggota koperasi, khususnya pelaku usaha kecil di DCML Trirenggo. Sehingga para anggota bisa mendapatkan berbagai kemudahan dan keuntungan yang pada akhirnya mampu semakin memajukan usaha mereka.

Lihat juga...