Sup Kacang Merah Daging Sapi, Menu Pagi yang Menghangatkan

Editor: Koko Triarko

LAMPUNG – Alternatif menu makanan tanpa nasi, kerap disajikan saat pagi hari. Dan, sebagai menu spesial saat akhir pekan, sup kacang merah daging sapi menjadi pilihan bagi warga di Teluk Betung, Bandar Lampung.

Nory, salah satu warga Teluk Betung, Bandar Lampung, mengatakan, sup kacang merah daging sapi menjadi warisan keluarga. Kuliner berbahan kacang merah ini selalu hadir dalam berbagai olahan masakan khas Bangka. Kacang merah diolah menjadi bubur, campuran sup, bahkan es krim. Pada pembuatan sup, ia mencampurkan daging sapi. Bumbu berbagai rempah menjadi pelengkap kelezatan.

“Bahan utama olahan sup kacang merah daging sapi cukup beragam. Saya menyediakan 200 gram kacang merah segar menyesuaikan jumlah anggota keluarga. Sebanyak 250 gram daging bagian sandung lamur atau brisket, 100 gram iga sapi. Bumbu rempah pelengkap disiapkan dari pala, lada, bawang merah, bawang putih, gula pasir, kata Nory, saat ditemui Cendana News, Sabtu (6/3/2021).

Nory, warga Teluk Betung, Bandar Lampung, menyiapkan sup kacang merah daging sapi, Sabtu (6/3/2021). -Foto: Henk Widi

Ia mengatakan lagi, sebagai alternatif pelengkap bisa disediakan sayuran berupa kentang, wortel, tomat dan daun bawang, sehingga aroma sup akan makin menggugah selera saat disajikan sebagai menu sarapan.

Ada pun pengolahan sup kacang merah daging sapi cukup mudah. Ia mempergunakan panci khusus penanak berbahan batu dan keramik (stone wares fast cooker). Alat yang memiliki prinsip kerja seperti fresto tersebut akan melunakkan daging dan tulang, sehingga pematangan sempurna.  Panci diberi air hingga mendidih untuk memasak kacang merah hingga empuk, lalu ditiriskan.

Proses pematangan daging dan tulang iga sapi dilakukan juga dengan panci khusus tersebut. Daging iga sapi dimasukkan dalam panci lalu  dimasak hingga matang mengeluarkan kaldu. Penyiapan berbagai jenis bumbu dilakukan terpisah dengan proses tumis. Bumbu yang dihaluskan dari bawang merah, bawang putih, lada, pala ditumis hingga mengeluarkan aroma.

“Setelah tumis bumbu dengan margarin matang, masukkan semua bumbu ke dalam panci berisi daging dan iga sapi,” cetusnya.

Agar rasa makin lezat, tambahkan garam, gula pasir dan taburan daun bawang, seledri dan tomat. Kacang merah yang sebelumnya telah direbus, selanjutnya dimasukkan dalam panci. Tutup semua bahan dengan penutup kaca dengan panci khusus yang akan dimasak selama setengah jam. Alat pemasak berbahan batu dan keramik akan mematangkan sup dalam waktu cepat.

Penggunaan bumbu rempah jenis pala, lada, sebut Nory, cocok dilakukan untuk penghangat badan. Sebab, saat musim penghujan kuliner dengan bumbu rempah berfungsi menjaga daya tahan tubuh. Kandungan gizi dari kacang merah yang memiliki karbohidrat membuat sup tersebut bisa disantap tanpa nasi. Disajikan kala pagi, menu tersebut bisa menjadi pengganti sarapan nasi.

“Kacang merah yang dikombinasikan dengan daging sapi akan menggugah selera sarapan pagi hari dengan porsi tepat,” cetusnya.

Christeva, sang anak, mengaku menyukai menu sup kacang merah daging sapi. Menu tersebut menjadi pilihan baginya untuk menggantikan nasi. Kelezatan kuah kaldu daging sapi berpadu dengan bumbu rempah menghangatkan badan. Tekstur lembut daging dan tetelan pada iga sapi terasa, karena dimasak dengan panci khusus. Menu sup kacang merah daging sapi lezat disantap kala pagi hari saat udara masih dingin.

“Aroma sup kacang merah dengan paduan daging menggugah selera, menu ini juga bisa untuk santap siang dan malam,” ujarnya.

Lihat juga...