Tahun Ini Kapuas Hulu Targetkan 31 Desa Mandiri

Kondisi pembangunan jalan di lokasi TMMD Kodim 1206 Putussibau di Desa Hulu Pengkadan dan Desa Beringin – Foto Ant

PUTUSSIBAU – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kapuas Hulu, Kalimantan Barat menargetkan, di tahun ini jumlah desa mandiri di daerah tersebut bisa mencapai 31 desa. Di Kapuas Hulu saat ini 278 desa.

“Saat ini baru 19 desa mandiri dan tahun ini kami targetkan 31 desa mandiri,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kapuas Hulu, Kalimantan Barat Alfiansyah, di Putussibau, Minggu (7/3/2021).

Untuk mencapai desa mandiri, ada beberapa indikator yang harus dipenuhi. Salah satunya, pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Banyak indikator untuk menuju desa mandiri, namun jika hal tersebut dikerjakan dengan bersinergi, diyakini akan dengan mudah dicapai. “Aparatur desa dan masyarakat harus benar-benar bersinergi, kemudian tiga pilar di desa bahu membahu membangun desa, serta BUMDes benar-benar dikembangkan untuk ekonomi masyarakat,” kata Alfiansyah.

Dari 278 desa di Kapuas Hulu, saat ini masih terdapat 47 desa tertinggal, 184 desa berkembang, 36 desa maju, dan 19 desa mandiri. “Kami terus berupaya meningkatkan status desa dan saat ini di Kapuas Hulu tidak ada desa sangat tertinggal, yang ada desa tertinggal dan tahun ini kami akan tuntaskan 20 desa tertinggal,” jelasnya.

Ia berharap, kepala desa dan perangkat desa lainnya, bisa saling sinergis dalam pengelolaan dana desa, untuk kepentingan dan kemajuan desa. Menurut Alfiansyah, dalam upaya untuk mengembangkan potensi desa, masyarakat mesti diberdayakan dengan memanfaatkan dana desa yang ada. “Tentu akan terus kami pantau dan lakukan pembinaan agar dana desa dikelola tepat sasaran dan sesuai aturan,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...