Taman Biodiversitas Lestarikan Flora Lokal Kalteng

PALANGKA RAYA — Para pegiat lingkungan yang tergabung di Yayasan Baraoi Mutiara Borneo (Bambo Foundation) terus berupaya melestarikan berbagai tumbuhan atau flora lokal Kalimantan Tengah dengan mendirikan taman biodiversitas.

Founder Bambo Foundation Muhammad Jumani mengatakan setiap tahun kehadiran buah lokal di pasar tradisional dan desa-desa yang dulu merupakan penghasilnya saat ini semakin berkurang.

“Untuk itu, pendirian taman biodiversitas ini sebagai bentuk dukungan Yayasan Bambo kepada pemerintah dalam upaya melestarikan keanekaragaman tumbuhan lokal Kalteng,” kata Jumani melalui pernyataannya di Palangka Raya, Sabtu (13/3/2021).

Selain sebagai tempat pelestarian tumbuhan lokal lanjut dia, taman biodiversitas juga berperan sebagai sumber genetik tumbuhan, tutupan vegetasi, ruang terbuka hijau dan ekowisata.

“Taman biodiversitas ini sendiri berada di Desa Tumbang Baraoi, Kecamatan Petak Malai, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah,” katanya.

Dia mengatakan saat ini taman biodiversitas itu memiliki ratusan bibit buah yang mana sebagian di antaranya adalah buah-buahan lokal eksotis dan khas Kalteng.

Buah-buahan itu seperti asam pangi (mangifera pajang), kapul/tampoi (baccaurea macrocarpa), tenggareng (nephelium ramboutan-ake), tangkuhis (dimocarpus longan var malaysianus), kecapi (sandoricum koetjapi), balangkasua dan durian merah/lahung (durio dulcis).

Dia pun berharap berbagai jenis tanaman lokal yang di tanam di Taman Biodiversitas semakin banyak dikembangkan sehingga dapat menjaga kelestarian buah dan tanaman lokal Kalteng.

“Kami juga berharap nantinya Taman Biodiversitas ini tempat riset dan penelitian tumbuhan buah lokal dengan beragam keunikan dari segi bentuk, warna, dan cita rasanya,” katanya.

Dalam upaya pelestarian tanaman lokal di taman tersebut, Yayasan Bambo juga melibatkan peran masyarakat sekitar salah satunya melalui peran penanaman bibit

Tak hanya kalangan muda, anak-anak pun juga dilibatkan sebagai upaya menumbuhkan rasa cinta dan tanggung jawab dalam menjaga kelestarian lingkungan. (Ant)

Lihat juga...