Taman Buah Mekarsari Buka Layanan Drive-thru

Editor: Koko Triarko

BOGOR – Ramainya pelanggan Taman Buah Mekarsari yang meminta kembali dibukanya taman tersebut, mendorong pihak pengelola mengadakan layanan drive-thru sejak minggu lalu. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Manager Marketing and Park Operations, Fransis Emanuel Kerong, menjelaskan drive-thru hanya ada pada Sabtu dan Minggu saja.

“Jadi, Taman Buah Mekarsari untuk sementara demi mencegah pandemi, buka hanya Sabtu Minggu, dan kita khususkan bagi pengunjung dengan menggunakan mobil pribadi,” kata Frans di Taman Buah Mekarsari, Bogor, Minggu (7/3/2021).

Ia menyebutkan, para pengunjung bisa langsung datang ke Taman Buah Mekarsari dan melakukan pembelian tiket secara langsung.

“Untuk Sabtu, Taman Buah Mekarsari membuka pembelian tiket dari jam 9 pagi sampai jam 2 siang. Kalau hari Minggu hanya sampai jam 1 siang saja. Tapi pengunjung boleh tetap berada dalam areal Mekarsari hingga jam 3an,” ucap Frans.

Ia menyampaikan, dalam program drive-thru ini, para pengunjung dengan HTM Rp80 ribu dan mobil Rp20ribu bisa berkeliling Taman Buah Mekarsari sepuasnya, bisa melakukan pemetikan buah sesuai masa panen dan melakukan aktivitas di areal Pertanian Terpadu.

“Seperti minggu ini dan minggu kemarin, yang panen Melon. Jadi bisa petik Melon langsung di Green House. Setelahnya, pengunjung bisa beraktivitas di areal pertanian terpadu. Bisa selfie, bisa naik kuda atau memberi makan hewan. Tak perlu takut akan terjadi kerumunan. Karena sesuai peraturan pemkab, pengunjung obwis itu hanya boleh 50 persen dari kapasitas normal,” urainya.

Program Drive-thru ini, lanjutnya dilaksanakan dengan pertimbangan keselamatan bagi pengunjung. “Kalau dengan mobil sendiri, artinya interaksi pengunjung hanya sesama keluarga saja. Berbeda kalau kita membuka kereta perjalanan seperti biasa. Ada interaksi dengan keluarga lain yang meningkatkan potensi penularan. Hal yang sama, menjadi alasan mengapa program sepeda juga belum kami buka,” ungkapnya.

Untuk minggu ini, Frans menyebutkan selain Melon, para pengunjung bisa juga menikmati panen buah Salak dan Kedondong.

“Kalau untuk tahu buah apa saja yang panen, bisa cek di IG atau di website. Jadi, bisa dijadwalkan untuk kunjungan ke Mekarsarinya. Tapi kalau untuk membeli bibit tanaman atau buah saja, tidak perlu menunggu jadwal drive-thru, ya. Pembelian buah dan bibit tanaman masih tetap bisa online seperti biasa. Bakul Payu juga tetap buka tiap hari,” katanya.

Dona, salah satu pengunjung mengatakan, bahwa ia sangat senang Taman Buah Mekarsari bisa dibuka kembali. “Seneng banget bisa ke sini lagi. Panen buah lagi. Walaupun sementara cuma Sabtu Minggu saja,” ungkapnya.

Sementara, Lina yang menemani anaknya memberi makan hewan menyatakan, sudah beberapa kali ia datang pada masa pandemi, ia tidak merasa khawatir berada di Taman Buah Mekarsari.

“Ini kan alam terbuka, banyak pohonnya. Seramai-ramainya, juga gak pernah menumpuk pengunjungnya kayak kita ke pasar gitu, kan. Jadi, saya merasa tenang aja datang ke sini,” tandasnya.

Lihat juga...