Tamanmartani Sejahtera Catatkan Kenaikan SHU Hingga 2 Persen di Tengah Pandemi

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

YOGYAKARTA — Koperasi Tamanmartani Sejahtera yang merupakan binaan Yayasan Damandiri di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Tamanmartani Kalasan Sleman Yogyakarta menggelar Rapat Akhir Tahun (RAT) di tengah kondisi pandemi baru-baru ini.

Digelar secara terbatas dan sederhana, dalam RAT tersebut Koperasi Tamanmartani Sejahtera mencatatkan kenaikan keuntungan atau SHU sebesar 2 persen. Yakni meningkat dari sebelumnya sebanyak Rp89juta pada tahun 2020 menjadi sebanyak Rp93,7 pada RAT tahun 2021 ini.

Peningkatan jumlah SHU bisa ini terjadi seiring peningkatan pendapatan Koperasi yang mencapai Rp161,9 juta selama tahun 2020. Termasuk juga peningkatan total aset dari semula Rp1,68 milyar di tahun 2019 menjadi Rp1,71 milyar di tahun 2020.

Manager Umum Koperasi Tamanmartani Sejahtera Maimunah mengatakan, kenaikan pendapatan koperasi sepanjang tahun 2020 bersumber dari sejumlah pemasukan. Mulai dari jasa bunga/piutang anggota, pendapatan lain dari kredit maupun pendapatan lain non operasional.

Sementara total aset berasal dari simpanan wajib, simpan pokok, jasa penabung dan peminjam, dana tabungan pendiri, pengurus dsn pengawas, pemasukan unit usaha, hingga dana hibah PNPM maupun pinjaman modal dari Yayasan Damandiri.

“Alhamdulillah meski berada di tengah situasi pandemi sepanjang tahun 2020 kemarin kita bisa meningkatkan jumlah SHU koperasi hingga 2 persen. Hal itu tak lepas karena semangat anggota untuk membayar angsuran pinjaman yang sangat tinggi. Sehingga tidak sampai ada persoalan kredit macet,” katanya.

Manager Umum Koperasi Tamanmartani Sejahtera Maimunah. Foto: Jatmika H Kusmargana

Maimunah menilai kenaikan SHU koperasi ini jelas akan memberikan manfaat yang lebih besar kepada seluruh masyarakat Tamanmartani khususnya anggota koperasi. Pasalnya selain semua anggota ikut mendapatkan pembagian SHU, Koperasi Tamanmartani Sejahtera juga rutin mengalokasikan SHU untuk menggelar berbagai kegiatan sosial.

“15 persen SHU setiap tahunnya rutin kita alokasikan untuk membantu warga yang mengalami kesusahan. Baik itu untuk peningkatan kesejahteraan lansia, pemberian jaminan sosial bagi warga kurang mampu, hingga berbagai program sosial lainnya di Desa Cerdas Mandiri Lestari Tamanmartani,” katanya.

Karena masih berada di tengah situasi pandemi, Maimunah mengaku akan memaksimalkan seluruh program yang ada di tahun 2021 mendatang. Termasuk juga berupaya meningkatkan pelayanan anggota, serta menjalin kemitraan dengan berbagai pihak guna semakin menguatkan Koperasi Tamanmartani Sejahtera.

Lihat juga...