Temanggung Nominator ASEAN ESC Award

TEMANGGUNG – Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mewakili Indonesia sebagai nominator penerima penghargaan ASEAN Environmentally Sustainable City (ESC) Bidang Konservasi Air.

Bupati Temanggung, M Al Khadziq, menyampaikan pihaknya telah mempresentasikan berbagai program gerakan bebas sampah dan konservasi lingkungan hidup di depan tim Kementerian Lingkungan Hidup di Bogor pada Kamis (25/3).

Khadziq menjelaskan, Temanggung dinilai unggul, karena mampu menjaga kualitas baku mutu air, mampu menjamin akses yang baik bagi penduduk terhadap air bersih, memiliki tradisi kuat di masyarakat untuk menghormati sumber-sumber air.

“Pemerintah daerah juga dinilai serius dalam menjaga kualitas lingkungan hidup dengan gerakan desa bebas sampah, serta gerakan konservasi sabuk gunung yang melibatkan seluruh pemerintah desa dan semua unsur masyarakat,” katanya dalam siaran pers, di Temanggung, Jumat (26/3/2021).

Dalam presentasi tersebut, Bupati Temanggung didampingi oleh tim dari Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH), serta Anggota Dewan Persampahan Kabupaten Temanggung.

Presentasi dilakukan di depan Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia, Novrizal dan tim panelis. “Berikutnya, hasil presentasi akan dikirim ke Sekretariat ASEAN,” kata Khadziq. (Ant)

Lihat juga...