Tips Sehat di Tengah Pandemi Covid-19 dengan Lakukan Sauna

Editor: Makmun Hidayat

PURWOKERTO — Selama satu tahun selalu beraktivitas di tengah pandemi Covid-19, Bupati Banyumas, Achmad Husein belum sekalipun dinyatakan positif Covid-19 dari hasil beberapa kali swab. Hal ini karena ia rajin melakukan sauna minimal selama 10 menit pada suhu 50 derajat celcius.

“Saya sudah melakukan hal tersebut rutin selama satu tahun, tidak harus dengan alat sauna yang lengkap, tetapi juga bisa dilakukan secara sederhana, fokusnya adalah hidung dan tenggorokan kita terkena uap air panas dengan suhu 50 derajat celcius dan dilakukan minimal selama 10 menit,” kata Husein berbagi tips sehat, Jumat (5/3/2021).

Lebih lanjut Bupati memaparkan, ia sudah melakukan percobaan tersebut terhadap beberapa orang yang juga positif Covid-19. Awalnya sauna hidung dan tenggorokan dilakukan selama 15 menit dan setelah beberapa kali dilakukan, hasil swab test yang keluar kemudian negatif. Sedangkan untuk pasien positif yang hanya menjalani perawatan saja dan tidak dilengkapi dengan terapi sauna, hasilnya masih positif.

Kemudian Husein melakukan terapi uap air panas tersebut selama 10 menit dan hasilnya juga mampu membunuh virus yang berada di hidung dang tenggorokan.

“Sekarang saya sedang coba untuk waktu 5 menit dengan temperatur uap air yang sama, apakah bisa membunuh virus atau tidak. Namun yang pasti, jika virus berasa pada uap air panas 50 derajat celcius selama minimal 10 menit, maka virus tersebut mati,” terangnya.

Terkait hasil uji coba ini, Husein mengaku masih mengumpulkan data-data lebih lanjut. Menurutnya, sauna uap air panas tersebut merupakan salah satu solusi yang murah dan sehat untuk bertahan di tengah pandemi.

“Jika saya bepergian keluar kota, maka akan mencari hotel yang terdapat fasilitas sauna, karena sauna ini harus saya lakukan setiap hari. Jika terpaksa tidak ada, maka saya membawa alat sauna sendiri,” tuturnya.

Rutinitas sauna uap air panas ini, membuat Husein selalu bugar dan belum sekalipun hasil swab test-nya positif. Termasuk ketika ia harus merawat salah satu anggota keluarga yang positif, Husein tetap sehat dan tidak positif.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyumas, Sadiyanto mengatakan, jika dilakukan secara teratur, terapi sauna membawa banyak manfaat positif untuk tubuh. Selain sehat dan bugar, juga melancarkan peredaran darah.

“Sirkulasi darah menjadi lancar jika rutin melakukan sauna uap air dan karena kondisi tubuh menjadi bugar, maka akan mampu juga mengurangi stres. Dengan catatan sebelum dan sesudah menjalani sauna, tubuh kita harus cukup air minum, untuk menghindari dehindrasi,” pesannya.

Lihat juga...