TMDD Buka Akses Jalan Warga Terisolir di Sikka

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

MAUMERE — Kodim 1603/Sikka dalam TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke – 110 tahun anggaran 2021 di wilayah jajaran Kodam IX/Udayana membuka jalan desa terisolir di Kecamatan Doreng, Kabupaten Sikka, NTT.

Warga Desa Persiapan Pelibaler, Kecamatan Doreng, Kabupaten Sikka, NTT, Tarsisius Nong Manis saat ditemui di desanya, Sabtu (27/2/2021). Foto : Ebed de Rosary

“Hadirnya TMDD membuka jalan membuat kami tidak terisolir dan membuka akses ke desa tetangga,” sebut Tarsisius Nong Manis, warga Desa Persiapan Pelibaler, Kecamatan Doreng, Senin (1/3/2021).

Tarsius menyebutkan warga masyaralat sangat berterima kasih dan bersyukur karena perjuangan sejak 2005 bisa terwujud setelah warga telah melakukan kerja secara swadaya dahulu.

Disebutkannya, setelah warga bekerja dia pun ke Koramil Bola untuk menyampaikan permintaan bantuan dan diarahkan bertemu Dandim 1603/Sikka di Maumere.

“Perjuangan begitu panjang dan akhirnya apa yang diharapkan dari kami warga masyarakat terkabulkan dengan adanya program TMMD dari Kodim 1603/Sikka,” ungkapnya.

Tarsisius menyebutkan, jalan yang dibuka melalui program TMMD ini mulai dari Dusun Kolik Desa Persiapan Pelibaler menuju Dusun Waiheli di Desa Kloangpopot, Kecamatan Doreng.

Dia katakan, di wilayahnya terdapat 22 KK dan 66 Jiwa dimana jalan yang dikerjakan sepanjang 3,8 kilometer dan yang saat ini sudah dikerjakan kurang lebih 1 kilometer.

“Saya mengharapkan jika akses jalan ini sudah dibuka, kami ingin membuka pasar desa dan Puskesmas rawat inap. Kita pernah usulkan dan sudah dihibahkan lahannya, ” jelasnya.

Danramil 1603-05/Bola yang berada di lokasi TMMD, Kapten Inf. Imran Tiwa mengatakan, kegiatan program TMMD ini adalah program kerjasama antara TNI dan pemerintah daerah.

Imran menambahkan, program ini dilakukan guna membangun serta menyukseskan program pemerintah terkhusus pada bidang jalur transportas bagi warga yakni pembukaan jalan.

“Saya beserta segenap personel TNI dan Babinsa telah diperintahkan langsung untuk terus mengawasi serta bersinergi dengan masyarakat dalam kegiatan pembukaan jalan ini,” ungkapnya.

Imran memohon doa restu kepada warga agar proses pembukaan jalan dalam program TMMD kali ini cepat terselesaikan dengan lancar meski diterpa hujan dan kabut.

Lihat juga...