TMMD di Sikka, Bersihkan Jalan dan Bangun Parit

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

MAUMERE – Segenap anggota personel satgas TNI Manunggal Membangun Desa TMMD ke-110 Tahun Anggaran 2021 Kodim 1603/Sikka bersama warga masyarakat di Desa Persiapan Pelibaler melakukan kegiatan pembenahan serta pembersihan jalan di lokasi TMMD terutama jalan yang terdapat aliran sungai.

“Kegiatan pembersihan jalan dan pembangunan parit dilakukan secara gotong royong bersama warga masyarakat,” kata Perwira seksi teritorial (Pasi Ter) Kodim 1603/Sikka, Kapten Arm. Edi Hermanto dalam rilis yang diterima Cendana News, Jumat (5/3/2021).

Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo (kanan) bersama Dandim 1603/Sikka Letkol Inf. Zulnalendra Utama, SIP saat mengecek pengerjaan jalan di lokasi TMDD di Desa Pelibaler, Kecamatan Doreng, Kabupaten Sikka, NTT, Selasa (2/3/2021). Foto: Ebed de Rosary

Edi mengatakan, kegiatan gotong royong dalam membersihkan serta meratakan secara perlahan area lokasi jalan TMMD bermaksud membina komunikasi sosial dan kedekatan serta sinergitas antara TNI dan masyarakat Pelibaler.

Selain itu kata dia, bermanfaat bagi masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehingga berjalan lancar dan aman terutama pada daerah aliran sungai.

Personel TNI juga sebutnya, bersama warga bergotong royong melakukan pengerjaan penggalian drainase di lokasi jalan TMMD.

“Personel Satgas TMDD bersama warga Pelibaler terlihat tetap kompak dan tak henti bahu membahu membuat saluran air atau drainase sepanjang jalan lokasi pengerjaan fisik TMMD,” sebutnya.

Edi menambahkan, kegiatan pembuatan drainase atau saluran air di lokasi pengerjaan fisik jalan TMMD ini agar di musim penghujan jalan yang sedang dan sudah dikerjaan ini tidak hancur atau longsor dikarenakan terkikis banjir atau air hujan.

Ia menyebutkan, dalam pengerjaan fisik jalan pada program TMMD ini, sejumlah personel TNI dan warga masyarakat di Desa Persiapan Pelibaler juga dibagi per kelompok sesuai pekerjaan.

“Ada kelompok yang mengerjakan drainase, ada yang merapikan jalan, ada pula yang mengerjakan lokasi jalan di Daerah Aliran Sungai (DAS). Ini dilakukan agar transoprtasi dalam mengantar logistik maupun material di lokasi TMMD dapat berjalan lancar,” ungkapnya.

Dandim 1603/Sikka, Letkol Inf. Zulnalendra Utama, SIP menjelaskan, dalam kegiatan TMDD di Desa Persiapan Pelibaler, Kecamatan Doreng dilaksanakan pengerjaan jalan sejauh 3,3 kilometer serta 3 cross way.

Zulnalendra menyebutkan, TMMD yang memiliki tema “Wujud Sinergi Membangun Negeri” itu dilaksanakan mulai dari tanggal 2 Maret 2021 sampai dengan tanggal 15 Maret 2021, dengan sasaran fisik dan sasaran nonfisik yang sebelumnya juga didahului dengan kegiatan Pra TMMD.

“Kegiatan TMMD kali ini merupakan suatu bentuk sinergitas antara TNI, Pemkab Sikka, dan masyarakat. Program TMMD juga merupakan sutau gambaran dan wujud nyata dalam mensejahterakan rakyat terkhusus dalam bidang infrastruktur jalan sebagai akses bagi masyarakat,” ungkapnya.

Zulanlendra juga menambahkan, program TMMD juga merupakan bentuk serta peran TNI terkhusus Kodim 1603/Sikka dalam membantu Pemerintahan Kabupaten Sikka guna pemenuhan hak-hak dasar masyarakat.

Lihat juga...