Tumis Dage, Kuliner Berbahan Ampas Tahu yang Menggugah Selera

Editor: Mahadeva

Tumis dage, kuliner dari ampas tahu yang nikmat buatan Aam warga Cimantri, Arjasari, Kabupaten Bandung, Sabtu (27/3/2021) - Foto Amar Faizal Haidar

BANDUNG – Ampas tahu atau yang dikenal oleh sebagian orang dengan sebutan Dage, ternyata bisa menjadi sajian kuliner yang lezat dan nikmat. Bahkan, jika diolah dengan benar, dage bisa terasa jauh lebih enak dari tahunya itu sendiri.

Ada banyak cara mengolah dage, salah satunya dengan cara ditumis. Aam, Ibu Rumah Tangga asal Kampung Cimantri, Arjasari, Kabupaten Bandung termasuk yang kerap membuat tumis dage. Menurut Aam, cara mengolah tumis dage sangat mudah. Bumbu-bumbu yang dibutuhkan tidak banyak, cukup bawang putih, bawang merah, garam dan sedikit penyedap rasa, jika ingin pedas, bisa ditambahkan cabai rawit.

“Bumbunya itu diiris kecil-kecil, terus langsung ditumis. Jika sudah mulai tercium aroma harumnya, lalu masukkan dage. Tumis sampai dagenya terurai, tidak terlalu menempel. Kalau mau lebih enak tambahkan daun bawang,” kata Aam kepada Cendana News, Sabtu (20/3/2021).

Aam menyebut, tumis dage sangat nikmat dijadikan teman nasi. Rasa tumis dage hampir mirip serundeng. Selain mudah dibikin, dage juga termasuk murah, hanya dapat dibeli Rp2.000 per-kilogram. “Makanan merakyat. Kalau kata orang kota harga kaki lima, kualitas bintang lima. Enaklah tumis dage,” tandasnya.

Tidak hanya ditumis, dage juga bisa dijadikan bahan untuk membuat perkedel. Menurut Reni, Warga Pinggirsari, cita rasa perkedel dage tidak kalah nikmat dari perkedel kentang maupun jagung. “Dage itu tanpa dibumbui saja sudah enak. Apalagi kalau diramu dengan bumbu makin enak. Kalau saya lebih suka olah perkedel dage,” ucapnya.

Menurut Reni, cukup ditambahkan garam dan daun bawang, kemudian dage dibungkus dengan adonan tepung terigu, perkedel dage pun sudah bisa dilahap. “Paling enak kalau dimakan pagi-pagi, sambil ditemanin teh hangat atau kopi, wah nikmat banget. Alhamdulillah keluarga juga pada suka,” pungkas Reni.

Lihat juga...