Vahri Raih Banyak Prestasi dari Olahraga Push Bike

Editor: Koko Triarko

MALANG – Tergabung dalam komunitas XBC Push Bike Malang, Ahmad Vahri Akbar (7), telah banyak menorehkan prestasi di berbagai ajang olah raga push bike. 

Berbekal dukungan penuh dari kedua orangtuanya, Vahri nampak semangat melahap setiap menu latihan yang diberikan sang ayah, Ahmad Victoria Ashari, yang juga merupakan pelatih di komunitas XBC Push Bike Malang tersebut.

Diceritakan Victor, anaknya telah diperkenalkan dengan push bike sejak usia kurang dari dua tahun atau bertepatan dengan berdirinya komunitas XBC. Namun sebelum itu, ia sebagai orang tua lebih dulu mencari berbagai informasi terkait manfaat olah raga push bike anak-anak.

“Dari internet saya pelajari dulu manfaat push bike, dan ternyata dari push bike ini banyak sekali ilmu yang saya pelajari tentang anak.  Terutama bagaimana kita menyelaraskan hati, dalam artian antara emosional orang tua dengan anak harus terikat, sehingga hubungan antara anak dengan orang tua jadi lebih rekat,” ungkapnya kepada Cendana News.

Lebih dari itu, dengan bermain push bike, motorik anak menjadi lebih terasa, adrenalin lebih tinggi yang pada akhirnya menjadikan anak lebih aktif dan kritis.

“Semua saya rasakan dari anak saya sendiri.  Setelah dia main di push bike, motorik anak lebih terasa dan daya pikirnya jadi lebih tajam, karena mereka dituntut cepat dan tepat dalam mengambil keputusan, terutama pada saat pertandingan. Dan, saya sebagai orang tua hanya mengantarkan anak-anak pada hobi yang bisa mengarahkan mereka pada prestasi,” katanya.

Disampaikan Victor, hingga saat ini sudah puluhan perlombaan telah diikuti Vahri dengan torehan prestasi yang cukup membanggakan, di antaranya, juara 1 kejuaraan balap sepeda kelas Push bike Violet Block 21, juara 1 lomba push bike competition Festival Nasional PG PAUD UM 2019, juara 2 Dewo Fun Race Push bike boys, juara 3 pada Latber sepeda BMX cross push bike se Malang raya 2019, juara 3 Bojana Puri push bike race Malang raya 2020.

Tidak hanya di kelas push bike, Vahri juga telah menunjukkan prestasinya di kelas BMX, dengan meraih juara 3 di ajang kejuaraan balap sepeda BMX usia dini KONI CUP III 2019.

“Sabtu besok, Vahri bersama beberapa anggota XBC lainnya akan melakoni perlombaan push bike di Yogyakarta,” sebutnya.

Sementara itu, Vahri yang masih duduk di bangku kelas satu Sekolah Dasar tersebut mengaku, meskipun sempat beberapa kali terjatuh pada saat berlatih, ia sama sekali tidak merasa jera, justru membuatnya lebih semangat dalam berlatih.

“Pernah jatuh tapi tidak sakit. Suka push bike karena seru dan banyak teman. Di lomba besok, saya ingin jadi juara satu,” pungkasnya.

Lihat juga...