Warga Larantuka Berbagi Kiat Membuat Risol Isi Tuna

Editor: Makmun Hidayat

LARANTUKA — Ikan tuna rupanya terasa enak bila dibuat risol. Lusiana Gomez dan Maria Dalena, warga Kota Larantuka, Kabupaten Flores Timur, NTT,  berbagi kiat memilih bahan baku dan proses pembuatan risol isi tuna.

Lusiana Gomez mengatakan, untuk bahan baku ikan tuna memang tidak terlalu sulit namun harus pintar-pintar memilih ikan tuna yang bagus dan masih segar.

“Kalau beli per ekor tentunya kita harus pintar-pintar memilih ikan tuna yang masih segar. Usahakan pilih ikan tuna yang  maksimal baru sehari dipancing nelayan dan dagingnya masih terlihat segar,” ucap Lusiana Gomez, warga Lohayong, penjual kuliner secara daring seraya  mengaku terbiasa menjual risol tuna laris dipesan pembeli. saat dihubungi Cendana News, Sabtu (20/3/2021).

Nona Gomes sapaannya menyebutkan, risol isi tuna dijual dengan harga Rp10 ribu untuk satu pak yang berisi 10 buah.

Dalam sehari sebutnya, penjualan risol tuna bisa mencapai Rp300 ribu saat ramai dan dirinya pun memproduksi dalam jumlah terbatas sesuai pesanan pembeli.

Sementara itu, warga Kelurahan Weri Kota Larantuka, Maria Dalena menjelaskan, untuk membuat risol tuna pertama-tama sediakan dulu ikan tunanya lalu diambil dagingnya setelah dicuci bersih.

Maria mengatakan, haluskan daging tuna tersebut dengan cara dicincang hingga halus lalu tempatkan di sebuah wadah terpisah.

Maria Dalena saat ditemui di rumahnya, Sabtu (6/3/2021). -Foto: Ebed de Rosary

Dia menyebutkan, siapkan tepung terigu, satu butir telur ayam, susu kental cair,satu sendok makan garam dan satu sendok makan mentega yang sudah dilelehkan.

“Siapkan juga wortel dan kentang sesuai porsi yang akan dimasak lalu potong berukuran kecil. Cincang hingga halus bawang bombay, jahe dan bawang putih sementara daun bawang dan seledri diiris hingga halus,” ucapnya.

Maria menerangkan, untuk membuatnya pertama-tama masukan tepung terigu, telur, susu cair dan garam lalu aduk hingga merata dan tidak menggumpal. Sesudahnya masuk mentega cair dan aduk hingga rata dan biarkan.

Langkah berikut sambungnya,adonan tersebut dibentuk dengan cara digulung menggunakan tangan hingga tipis dan berbentuk lonjong.

Selanjutnya tambah dia,tumis bawang merah dan bawang bombay hingga harus lalu masukan daging tuna dan jahe lalu masak hingga benar-benar hampir matang.

“Masukan potongan kentang, wortel sambil dituangkan susu cair dan terigu lalu aduk hingga merata. Masukan garam, penyedal rasa, daun bawang dan seledri lalu aduk dan biarkan hingga matang lalu diangkat,” ucapnya.

Maria menjelaskan,masukan adonan ikan tuna dan sayuran tersebut ke dalam gulungan adonan berbentuk bulat lonjong lalu gulung hingga adonan tertutup semua.

Dia tambahkan, siapkan sebuah wadah yang diisi telur yang sudah dikocok hingga tercampur merata warna putih dan kuningnya.

Adonan yang telah digulung pun kata dia,dicelupkan ke dalam cairan telur beberapa saat lalu diangkat dan digulung di atas tepung terigu.

“Goreng adonan ini hingga matang dan risol rasa ikan tuna ini pun siap dikonsumsi setelah didinginkan dan ditiriskan minyaknya terlebih dahulu,” pungkasnya.

Lihat juga...