Warung Kita Trirenggo Layani Pembayaran Berbagai Kebutuhan Rutin Warga Desa

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

YOGYAKARTA — Sebagai bentuk inovasi sekaligus memberikan pelayanan maksimal kepada anggota, unit usaha Warung Kita, yang dikelola Koperasi Gemah Ripah Trirenggo Bantul kini mulai menerima berbagai pembayaran kebutuhan rutin warga desa dengan penerapan sistem modern terbaru.

Manager Umum Koperasi Gemah Ripah Trirenggo Bantul, Ambyah saat memberikan keterangan, Rabu (24/3/2021). Foto: Jatmika H Kusmargana

Selain menerapkan sistem layanan pesan antar lewat order by phone bagi semua produk dagangan seperti sembako, unit usaha Warung Kita Trirenggo mulai tahun 2021 inj juga telah menerima pembayaran kebutuhan rutin warga seperti pulsa listrik prabayar, hingga tagihan pembayaran PDAM setiap bulannya.

Manager Umum Koperasi Gemah Ripah Trirenggo Bantul, Ambyah, menyebut penerapan layanan baru ini, semakin menambah vitur layanan di unit usaha Modal Kita Trirenggo. Pasalnya sejak beberapa tahun terakhir, Unit usaha Koperasi binaan Yayasan Damandiri ini telah rutin melayani penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) bagi warga desa kurang mampu penerima manfaat program pemerintah ini setiap bulannya.

“Rencananya ke depan kita juga akan melayani pembayaran PBB tahunan bagi warga desa. Sehingga warga tak perlu lagi datang ke Bank untuk membayar pajak bumi dan bangunan. Dengan semakin banyaknya layanan di unit usaha Warung Kita ini, diharapkan semua warga desa, khususnya anggota koperasi, bisa semakin mudah dalam mengurus semua kebutuhan maupun keperluan sehari-hari,” katanya.

Hal ini secara perlahan juga menjadi jawaban atas ide/konsep dan cita-cita besar Ketua Yayasan Damandiri, Alm Subiyato Tjakrawerdaja, yang menginginkan koperasi desa mampu hadir dalam membantu kehidupan masyarakat. Yang mengurusi berbagai keperluan dan kebutuhan warga di semua lini kehidupan mulai dari sejak lahir hingga meninggal.

Sebagaimana diketahui, Warung Damandiri/Warung Kita Trirenggo merupakan salah satu unit usaha Koperasi Gemah Ripah yang didirikan Yayasan Damandiri sejak tahun 2017 lalu melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML). Selain menjadi salah satu sumber pendapatan koperasi, Warung Kita Trirenggo juga diharapkan berfungsi sebagai penggerak ekonomi desa.

Warung yang menjual berbagai kebutuhan pokok sehari-hari seperti sembako maupun aneka makanan dan minuman ini diharapakan bisa menjadi tempat kulakan bagi anggota koperasi, khususnya pelaku usaha kecil di DCML Trirenggo. Sehingga para anggota bisa mendapatkan berbagai kemudahan dan keuntungan yang pada akhirnya mampu semakin memajukan usaha mereka.

Lihat juga...