Lebaran CDN

22.288 Warga Kebumen Sudah Selesaikan Vaksininasi

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kebumen, Cokro Aminoto di kantornya, Jumat (30/4/2021). (FOTO : Hermiana E.Effendi)

KEBUMEN — Sampai dengan hari ini, 22.288 orang warga Kabupaten Kebumen sudah menyelesaikan vaksinasi hingga dosis kedua. Sedangkan untuk yang menyelesaikan vaksinasi dosis pertama tercatat ada 38.506 orang, sehingga total ada 60.794 warga yang sudah menjalani vaksin.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kebumen, Cokro Aminoto mengatakan, pelaksanaan vaksinan saat ini yang terbanyak di kalangan pegawai pemkab, tenaga pendidik serta pedagang serta nakes. Sedangkan untuk kelompok masyarakat lainnya, seperti pegawai BUMD, pelayanan publik serta jasa transportasi masih sedikit.

“Untuk pegawai pemkab saat ini yang sudah menyelesaikan vaksinasi hingga dosis kedua ada 5.521 orang dan yang baru vaksin dosis pertama cukup banyak, mencapai 14.265 orang. Karena memang dari vaksin dosis pertama dan kedua dibutuhkan waktu sekitar dua minggu,” jelasnya, Jumat (30/4/2021).

Lebih lanjut Cokro Aminoto menjelaskan, untuk kalangan tenaga pendidik di Kebumen vaksinasi dosis pertama sudah merambah 6.061 orang dan yang sudah menyelesaikan vaksin dosis kedua ada 3.715 orang. Sedangkan di kalangan pedagang, sudah ada sebanyak 3.060 orang yang menyelesaikan vaksin dosis kedua dan sebanyak 4.354 orang baru vaksin dosis pertama.

“Yang masih sangat minim adalah vaksin di kalangan pegawai BUMD, dimana yang sudah menyelesaikan vaksin dosis kedua masih belum ada dan yang menjalani vaksin dosis pertama baru 199 orang,” katanya.

Pelaksanaan vaksinasi di kalangan pelaku transportasi publik dan pelayanan publik juga menjadi evaluasi, karena masih minim. Padahal dua kelompok masyarakat tersebut setiap harinya berhadapan masyarakat. Untuk tenaga transportasi publik, seperti sopir angkutan, bus dan lainnya baru 14 orang yang menyelesaikan vaksin dosis kedua dan 64 orang yang sudah menjalani vaksin dosis pertama.

Sedangkan untuk kalangan pelayanan publik, yang sudah menjalani vaksin dosis pertama ada 498 orang, namun yang sudah selesai hingga vaksin dosis kedua baru 42 orang. Untuk pegawai BUMN yang sudah selesai vaksin dosis pertama ada 835 orang dan dosis kedua baru 212 orang.

“Yang juga menjadi perhatian kita juga kalangan lansia, karena masih jauh dari target, saat ini yang sudah menyelesaikan vaksin dosis kedua baru 485 orang lansia, padahal target vaksin untuk lansia sampai ratusan ribu,” ungkapnya.

Sementara itu, sampai dengan hari ini, sebanyak 6.247 orang tenaga kesehatan atau nakes di Kabupaten Kebumen sudah menyelesaikan vaksinasi hingga dosis kedua. Sedangkan yang menyelesaikan vaksin dosis pertama ada 6.999 orang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kebumen, Dwi Budi Satria mengatakan, vaksinasi terhadap nakes memang belum semuanya selesai. Namun, sebagian besar nakes sudah menyelesaikan vaksin hingga dosis kedua.

“Nakes ini menyebar ada yang di rumah sakit, puskesmas, ada juga tenaga kefarmasian, kemudian yang bertugas di klinik-klinik, laboratorium kesehatan hingga pegawai Dinas Kesehatan sendiri dan lainnya, sehingga memang pelaksanaan vaksinnya bertahap,” terangnya.

Untuk nakes di rumah sakit sendiri, dari data Dinkes Kebumen ada 3.906 orang nakes, kemudian di puskesmas-puskesmas ada 2.060 nakes dan tenaga kefarmasian ada 1.503 orang. Sisanya merupakan nakes di klinik, laboratorium kesehatan serta Dinkes.

Lihat juga...