Akademi Seni Karate Jember Giatkan Latihan Fisik Jelang Pertandingan

Editor: Koko Triarko

JEMBER – Akademi Seni Karate (ASKI) kabupaten Jember, rutin mengadakan kegiatan olah raga, sebagai ajang mempersiapkan diri dalam pertandingan yang akan diselenggarakan pekan depan. Pelatih Cabang Olahraga Bela Diri Karate, Athallah, menyatakan, kegiatan olahraga fisik seringkali dilakukan, karena karate tidak lepas dari kekuatan fisik.

“Setiap satu minggu sekal  kegiatan olahraga fisik terutamanya, seperti lari pendek setiap pagi rutin dilakukan. Karena seorang atlet harus memiliki fisik yang kuat, seperti pada tingkat pernapasan yang kuat, agar tidak mudah terasa capai, ujar Athallah, di Sumbersari, Jember, Jumat(2/4/2021).

Athallah saat ditemui oleh Cendana News di Kampus Unej, Kelurahan Tegal Boto, Kecamatan Sumbersari, Jember, Jumat(2/3/2021). –Foto: Iwan Feriyanto

Memanfaatkan waktu libur, kegiatan olahraga dilakukan lebih awal. Menurutnya, kegiatan olahraga fisik rutin dilakukan setiap Sabtu, namun karena saat ini bertepatan dengan hari libur, maka kegiatan olahraga dilakukan saat ini.

Sebagai seorang atlet olahraga, daya tahan tubuh sangat diperlukan. “Tentunya kekuatan fisik seorang atlet nomer satu. Selain itu yang lebih penting, mengadakan kegiatan rutin olahraga mampu melatih mental pada masing-masing orang. Bila mental seorang atlet lemah, dia akan mudah untuk dipengaruhi,” ucapnya.

Mempersiapkan diri dalam ajang pertandingan yang akan diselenggarakan, kegiatan olahraga dan latihan materi gerakan bela diri makin ditingkatkan.

“Saat akan menjelang pertandingan, waktu untuk latihan setiap minggunya ditambah, baik kegiatan fisik maupun latihan gerakan bela dirinya. Bisa jadi, sebanyak empat hari kegiatan olahraga fisik dilakukan secara rutin, selama satu bulan sebelum pertandingan dimulai,” tambahnya.

Sebagai seorang pelatih, memiliki tanggungjawab bagaimana dapat melihat kesiapan dan kemampuan para atletnya yang akan dilibatkan dalam ajang perlombaan bela diri karate pekan depan.

“Melihat tingkat fisik dari para atlet yang ada di sini, masih dirasa kurang, kegiatan olahraga dan tambahan materi pada gerakan bela diri karate akan ditambah. Supaya nantinya mereka saat bertanding tidak kaget dan sudah siap secara keseluruhan,” ucapnya.

Abi Aski, atlet bela diri karate, menyatakan, dirinya saat ini lebih fokus pada proses intensitas latihan yang dilakukan secara rutin dan disiplin.

“Untuk itu, saya dan teman yang lainnya terus melatih fisik kami , lalu dilanjutkan latihan rutin dan repetisi yang cukup, agar siap untuk temppur nanti,” ungkapnya.

Lihat juga...