Lebaran CDN

Alat Berat Mulai Bersihkan Material Banjir Bandang di Adonara

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LARANTUKA — Sejumlah alat berat mulai dikerahkan sejak Kamis (8/4/2021) guna melakukan pembersihan material banjir bandang di wilayah Kelurahan Waiwerang Kota, Desa Wairburak di Kecamatan Adonara Timur dan Desa Nele Lamadike di Kecamatan Ile Boleng, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Warga Desa Waiburak, Kecamatan Adonara Timur, Kabupaten Flores Timur,NTT, Wahyudin saat ditemui, Minggu (11/4/2021). Foto : Ebed de Rosary

“Setelah banjir bandang, Minggu (4/4/2021) baru Jumat (9/4/2021) lalu alat berat mulai terlihat membersihkan material banjir bandang di Kelurahan Waiwerang Kota,” kata Wahyudin, warga Desa Waiburak, Kecamatan Adonara Timur, NTT saat ditemui, Minggu (11/4/2021).

Wahyudin menyebutkan, hingga Kamis baru beberapa alat berat terlihat mulai membersihkan material banjir bandang dan bekas-bekas reruntuhan yang terdapat di beberapa wilayah Kelurahan Waiwerang Kota.

Dia mengakui, akibat banjir bandang mengakibatkan berbagai kerusakan dan tumpukan material banjir dan puing-puing reruntuhan serta lumpur yang menggenangi jalan raya.

“Sampai sekarang mobil pun belum bisa menyeberang ke Desa Waiburak karena jembatan masih terputus dan belum diperbaiki. Ada jembatan darurat dari kayu tapi hanya bisa dilewati sepeda motor saja,” ujarnya.

Wahyudin berharap agar pemerintah segera membangun jembatan darurat yang bisa dilewati kendaraan roda empat agar aktifitas transportasi bisa normal kembali dan warga bisa berkativitas seperti semula.

Sementara itu Maemunah Sare warga Kelurahan Waiwerang Kota pun menyebutkan alat berat mulai ramai terlihat membersihkan material banjir sejak Jumat (9/4/2021).

Maemunah mengakui, masih banyak material banjir yang menumpuk di jalan raya namun sudah bisa dibersihkan sejak Jumat (9/4/2021) dengan menggunakan loader dan diangkut ke tempat pembuangan.

Dengan begitu sebutnya, kendaraan roda dua dan roda empat dari beberapa kecamatan di Adonara Tengah pun bisa menuju Kota Waiwerang, ibukota Kecamatan Adonara Timur.

“Sejak akses jalan dari Adonara Tengah bisa dilewati Jumat (9/4/2021) membuat warga dari kecamatan tersebut bisa datang ke Kota Waiwerang membeli berbagai kebutuhan rumah tangga,” ucapnya.

Lihat juga...