Lebaran CDN

Antisipasi Kenaikan Harga Bahan Pokok, Pemkot Padang Gelar Pasar Murah

Pasar murah Ramadhan yang digagas Pemkot Padang untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan dalan bulan Ramadan 1442 Hijriah - Foto Ant

PADANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat melalui Dinas Perdagangan, menggelar pasar murah Ramadan selama tiga hari. Kegiatan tersebut untuk mengantisipasi harga bahan pokok di pasar saat Ramadan 1442 Hijriah.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Andree Algamar mengatakan, ada 25 pelaku UMKM dan 25 distributor kebutuhan pokok, ambil bagian di pasar murah yang digelar di halaman Kantor Dinas Perdagangan Padang. “Kita ingin memfasilitasi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok mereka di dalam kondisi pandemi ini,” kata dia, Rabu (22/4/2021).

Menurutnya, warga yang berbelanja di sini akan diberikan harga di bawah harga eceran tertinggi. Selain itu, mereka akan mendapatkan potongan harga berupa voucher, yang diberikan sponsor seperti Pertamina, Hiswanamigas dan lainnya. “Pasar ini kita gelar selama tiga hari, dan pelaksanaannya tanpa menggunakan dana APBD,” katanya.

Pelaksanaan kegiatan menggunakan protokol kesehatan ketat, mulai dari seluruh orang yang di lokasi wajib menggunakan masker, cek suhu dan mencuci tangan. Selain itu kapasitas pengunjung juga dibatasi yakni 50 persen dari kapasitas yang ada. “Kapasitas pengunjung ada 150 hingga 200 orang dan hanya setengahnya yang boleh. Nanti mereka bergantian masuk,” katanya.

Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian dan Perdagangan Sumbar, Asben Hendri, saat meresmikan pasar murah mengatakan, kegiatan tersebut merupakan inisiatif bagus yang dilakukan oleh Pemkot Padang melalui Dinas Perdagangan untuk membantu masyarakat. “Kondisi ekonomi masyarakat saat ini lesu dan kebutuhan pokok tetap harus dipenuhi. Di sini pemerintah hadir dalam membantu masyarakat,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...