Lebaran CDN

Asyiknya Wisata Malam di Taman Kota Semarang

Editor: Koko Triarko

SEMARANG – Keberadaan taman kota yang tersebar di sejumlah titik di wilayah Kota Semarang, dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tempat rekreasi. Tidak hanya pada pagi atau sore hari, namun juga malam hari. Terlebih pada saat bulan Ramadan seperti sekarang ini.

“Wisata taman kota menjadi pilihan, karena selain dekat dengan rumah juga murah meriah. Apalagi taman kota ini terletak tidak jauh dari pusat kota. Bisa sembari jalan-jalan keliling kota,” papar warga Semarang, Vallen, saat ditemui tengah berjalan-jalan di Signature Park Kota Semarang, Minggu (25/4/2021).

Menurutnya, berjalan-jalan keliling taman kota juga rekreasi untuk menyegarkan pikiran. “Saya datang bersama teman-teman, tadi ada acara di salah satu mal di Kota Semarang, lalu sebelum pulang ke rumah, kita sempatkan jalan-jalan di taman kota,” terangnya.

Salah seorang pengunjung taman Signature Park Kota Semarang, Vallen, saat ditemui tengah jalan-jalan di taman yang terletak di jalan Piere Tendean Semarang tersebut, Minggu (25/4/2021). –Foto: Arixc Ardana

Hal senada juga disampaikan Rifai, warga Semarang. Bersama keluarga, dirinya menyempatkan jalan-jalan di Taman Indonesia Kaya.

“Memang sudah rencana dari rumah mau jalan-jalan keliling kota, lalu main ke Taman Indonesia Kaya. Tadinya mau sore hari, namun karena saat ini masih bulan Ramadan, masih puasa, jadi kita milih jalan-jalan pada malam hari. Kalau siang meski suasananya teduh, tapi karena masih puasa, ya jadinya enak malam hari saja,” terangnya.

Warga Pucanggading tersebut mengaku wisata taman kota juga menjadi alternatif yang mudah dan murah, untuk berwisata di tengah pandemi Covid-19.

“Taman kota ini bisa menjadi pilihan, karena termasuk wisata outdoor atau luar ruangan, sehingga sirkulasi udara juga bagus. Tentu saja tetap dengan menerapkan protokol kesehatan, dalam upaya pencegahan Covid-19,” terangnya.

Selain itu, kesempatan tersebut juga dimanfaatkannya untuk menikmati beragam menu kuliner dari warung tenda yang berdiri di sekitar Taman Indonesia Kaya.

“Kalau siang, warung-warung ini tidak jualan, baru buka sore hari jelang berbuka. Jadi, ini juga sekalian mau mencicipi aneka kuliner yang ada. seperti tahu gimbal, jagung bakar dan lainnya,” ungkapnya.

Tidak seberapa jauh dari Taman Indonesia Kaya, wisata malam di Lapangan Pancasila Simpanglima Semarang, juga menjadi pilihan masyarakat.

Apalagi di lokasi tersebut juga terdapat becak hias, berupa sepeda dengan diberi lampu warna-warni, yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk berkeliling.

“Ternyata seru juga, berkeliling Lapangan Pancasila dengan becak hias. Lumayan buat olahraga malam, jadi bisa jalan-jalan sekalian olahraga,” tandas Hanif, salah seorang pengunjung sembari tertawa.

Disebutkan, becak atau sepeda hias tersebut hanya beroperasi pada malam hari, sehingga jika ingin mencobanya memang harus datang pada saat matahari sudah tenggelam. “Justru yang bagus itu lampunya, bentuknya juga bagus-bagus, jadi menarik buat dipakai berkeliling,” pungkasnya.

Lihat juga...