Lebaran CDN

Atap Ruang Kelas Unej Ambruk Akibat Gempa

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JEMBER – Peristiwa gempa bumi yang terjadi pada Sabtu (10/4/2021) lalu dengan pusat gempa terjadi di wilayah perairan laut  Kabupaten Malang, Jawa Timur berkekuatan 6,1 magnitudo, terasa juga di sebagian besar wilayah Provinsi Jawa Timur. Akibatnya, banyak bangunan rumah mengalami kerusakan, salah satunya terjadi di area gedung Universitas Jember (Unej).

Rokhmad Hidayanto, Wakil Koordinator Humas Universitas Jember mengatakan, dampak  gempa mengakibatkan atap dari bangunan ruang kelas ambruk sehingga untuk sementara waktu ruangan tersebut tidak dapat difungsikan.

“Ambruknya ruangan kelas pada lantai 3 di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember. Biasanya digunakan sebagai ruang klinik setiap harinya. Hanya saja saat kejadian, ruangan kelas tersebut kosong tidak ada kegiatan yang aktif,” ujar Wakil Koordinator Humas Unej, Rokhmad Hidayanto kepada Cendana News, saat dihubungi melalui telepon, di wilayah Kelurahan Tegal Boto, Kecamatan Sumbersari, Jember, Senin (12/4/2021).

Rokhmad menyebutkan, peristiwa ambruknya atap ruangan kelas yang terjadi hanya berada pada Fakultas Kedokteran Gigi. Selain itu tidak ada lagi yang terdampak.

“Sementara sambil menunggu perbaikan ruangan kelas, para mahasiswa ruangan kelasnya dipindah ke lantai 2,” ucapnya.

Ambruknya atap ruangan kelas klinik dokter gigi tidak memakan korban jiwa. Untuk peralatan kesehatan yang ada belum dapat dipastikan terjadinya kerusakan.

“Saat ini, kami bersihkan ruangan kelas terlebih dahulu. Walaupun di dalam ruangan tersebut banyak fasilitas kesehatan, namun belum dapat dipastikan tentang adanya kerusakan yang terjadi,” tegasnya.

Rokhmad menambahkan, pihaknya akan memantau lebih lanjut terkait adanya kerusakan yang terjadi.

“Sementara saat ini yang rusak cukup parah bagian atap. Namun nantinya, kami akan periksa lagi, apakah ada kerusakan dari fasilitas kesehatan yang ada,” ujarnya.

Dodik selaku penjaga keamanan mengatakan, peristiwa gempa memang mengejutkan.

“Saat hari Sabtu ruang kelas lantai 3 ini memang lagi sepi, tidak ada aktivitas  belajar mengajar. Namun ambruknya ruangan kelas, baru diketahui hari ini,” ucapnya.

Lihat juga...