Lebaran CDN

Bangka Tengah Terbitkan Kartu Kendali Gas Bersubsidi

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman - Foto Ant

KOBA – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), berencana menerbitkan kartu kendali gas bersubsidi 3 kilogram untuk mengantisipasi penyalahgunaan gas bersubsidi.

“Terkait dengan gas bersubsidi ini memang menjadi kewenangan pemerintah provinsi dalam mengatur regulasinya, namun gubernur sudah memikirkannya yaitu dengan menerbitkan kartu kendali,” kata Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, Jumat (16/4/2021).

Penerbitan kartu kendali gas bersubsidi 3 kilogram itu rencananya dikerjasamakan dengan Bank BRI setempat. “Namun terkait teknisnya, tentu kami tunggu nanti langkah-langkah konkret dari Pemprov Bangka Belitung dan yang pasti pemerintah tetap memastikan gas isi 3 kilogram benar-benar dimanfaatkan bagi mereka yang berhak mendapatkannya,” ujarnya.

Menurut Nupati, dengan pola kartu kendali akan memudahkan pemerintah memantau dan pengawasi penyaluran gas baik di tingkat agen maupun pengecer. “Kartu kendali ini juga untuk memastikan warga yang berhak mendapatkan gas tersebut sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET),” ujarnya.

Ia meminta, pemerintah provinsi juga mengatur regulasi penyaluran gas 3 kilogram di Kabupaten Bangka Tengah, dan memastikan penyalur atau agen di daerah tersebut tetap menjual gas sesuai HET.

“Karena kewenangan gas ini ada di Pemprov Babel, tentu kami sifatnya berkoordinasi dan berkomunikasi dengan gubernur terkait dengan langkah-langkah apa yang harus dilakukan untuk mengatur penyaluran gas 3 kilogram ini agar tepat sasaran dan tidak terjadi kelangkaan,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...