Banjir Landa Puluhan Rumah Warga di Lebak

LEBAK – Hujan deras yang turun sejak Jumat malam (2/4) hingga Sabtu siang telah menyebabkan puluhan rumah warga kebanjiran di empat kecamatan di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Pebby Rizky Pratama di Lebak, Sabtu, mengatakan bahwa banjir menggenangi 63 rumah warga di Kecamatan Cibadak, Warunggunung, Banjarsari, dan Bojongmanik.

Selain itu, menurut dia, ada tiga rumah warga yang terdampak tanah longsor di Kecamatan Sobang.

Pebby mengatakan, banjir yang melanda empat wilayah kecamatan di Lebak antara lain terjadi akibat buruknya kondisi sistem drainase.

BPBD Lebak mengingatkan warga untuk mewaspadai potensi banjir akibat luapan air Sungai Ciberang dan Ciujung.

Pada pukul 11.30 WIB, tinggi permukaan Sungai Ciberang-Ciujung tercatat 558 centimeter dan debit airnya 682 meter kubik per detik.

“Kami khawatirkan jika hujan terus berlangsung sore sampai malam aliran sungai meluap ke permukiman penduduk,” kata Pebby.

BPBD Lebak sudah mempersiapkan peralatan evakuasi dan stok logistik untuk keperluan penanganan dampak bencana. Selain itu, BPBD menyiagakan relawan penanggulangan bencana. (Ant)

Lihat juga...