Bibit Siklon Tropis 99S di Laut Sawu Diprakirakan Semakin Menguat

Kepala Stasiun Meteorologi El Tari, Agung Sudiono Abadi - Foto Ant

KUPANG  – Badan Meteorologi Geofisika Klimatologi (BMKG) memprakirakan, bibit siklon tropis 99S di Laut Sawu, Nusa Tenggara Timur kondisinya semakin menguat, dalam 24 jam ke depan.

“Keberadaan bibit siklon 99S berkontribusi signifikan terhadap peningkatan labilitas atmosfer dan pertumbuhan awan hujan di wilayah NTT,” kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari, Agung Sudiono, Sabtu (3/4/2021).

Menurutnya, bibit siklon tropis 99S diprakirakan menguat dalam 24 jam ke depan, dengan pergerakkan menjauhi wilayah Indonesia. Kondisi tersebut berpotensi menyebabkan terjadinya hujan, dengan intensitas sedang hingga lebat. Termasuk beroptensi terjadi hujan  disertai petir, dalam periode tiga hari ke depan di sejumlah wilayah yaitu, Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan.

Kemudian berpotensi terjadi juga di Kabupaten Timor Tengah Utara, Belu, Malaka, Sabu Raijua, Rote Ndao, Nagekeo, Ende, Ngada, Sikka, sebagian Flores Timur, Lembata, Alor, dan Sumba Timur.

Agung mengatakan, perlu diwaspadai juga potensi angin kencang, yang dapat terjadi di hampir seluruh wilayah NTT. Terutama wilayah yang berada di sekitar pusat tekanan rendah seperti Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Rote Ndao, Sabu Raijua, dan sebagian Pulau Sumba.

Masyarakat diminta tetap waspada, terhadap potensi cuaca ekstrem dan dampak bencana hidrometeorologi yang ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang, dan sebagainya. (Ant)

Lihat juga...