Lebaran CDN

Bottas Mendominasi FP2 GP Emilia Romagna 

Pebalap tim Mercedes, Valtteri Bottas, di sesi latihan bebas ketiga Grand Prix Bahrain, Sirkuit Internasional Bahrain, Sakhir. (27/3/2021) - Foto Ant

JAKARTA – Valtteri Bottas, menyapu bersih posisi pimpinan catatan waktu dua sesi latihan bebas Grand Prix Emilia Romagna, Jumat (16/4/2021) di Imola, Italia.

Pebalap Finlandia, yang meraih pole position di Imola tahun lalu tersebut, mencetak waktu 1:15,551 detik di FP2. Catatam waktu yang lebih baik sekira satu detik, dari catatan waktunya di FP1. Sedangkan Lewis Hamilton, kembali menguntit rekan satu timnya itu dengan margin 0,010 detik, bertengger di peringkat dua, untuk menegaskan dominasi Mercedes.

Duet tim Mercedes, lagi-lagi mendapat saingan ketat dari mobil bertenaga Honda. Tetapi kali ini giliran Pierre Gasly, juara GP Emilia Romagna tahun lalu, yang membayangi pada peringkat tiga, dengan selisih 0,078 detik dari Bottas.

Sementara Max Verstappen, mendapati mobil Red Bullnya mogok di trek, setelah melaju sekira 10 menit. Verstappen kehilangan tenaga mesin mobilnya, setelah melaporkan ada sesuatu yang terlepas dari bagian belakang, ketika mobilnya melebar di tikungan terakhir. Sementara itu, hasil latihan memuaskan bagi kubu Ferrari, ketika Carlos Sainz, berhasil mengungguli rekan satu timnya Charles Leclerc di P4 dan P5, meski sang pebalap Monako mengakhiri sesi FP2 ketika mobilnya menabrak pagar pembatas di tikungan terakhir.

Rekrutan baru tim Red Bull, Sergio Perez finis P6, 0,008 detik di depan rookie tim Alpha Tauri, Yuki Tsunoda. Pebalap Mclaren Lando Norris, mengklaim P8 pada saat rekan satu timnya Daniel Ricciardo terpuruh di P18 karena catatan waktunya dihapus karena melanggar batas trek di Tikungan 9.

Di belakang Norris, ada pebalap tuan rumah Antonio Giovinazzi finis P9 untuk tim Alfa Romeo dan Lance Stroll yang melengkapi peringkat 10 besar untuk tim Aston Martin. Stroll unggul 0,4 detik dari rekan satu timnya Sebastian Vettel yang terlempar ke P15.

Tim Alpine, membawa sejumlah komponen baru untuk mendongkrak performa mereka. Tapi, Fernando Alonso terlalu memaksa mobil A521 yang dikendarainya, sehingga melibas chicane Tikungan 14, dan kemungkinan merusak lantai mobilnya. Sang pebalap Spanyol finis P13 di belakang tandemnya Esteban Ocon di P11. (Ant)

Lihat juga...