Lebaran CDN

Bubur Sumsum, Banyak Diburu untuk Menu Berbuka Puasa

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BEKASI — Favorit banyak orang, takjil bubur sumsum jadi buruan menjelang berbuka puasa di wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat, karena menyegarkan dan mampu memulihkan tenaga setelah seharian berpuasa.

Bubur sumsum merupakan minuman tradisional yang terbuat dari tepung beras yang banyak ditemui saat bulan suci Ramadhan. Dalam penyajiannya pun, menyesuaikan selera, tapi untuk lebih nikmat bisa menggunakan es.

“Bubur Sumsum biasa dihidangkan bersama kuah gula merah, santan, candil, serta bubur sagu mutiara,” ungkap Dolah, penjul takjil bubur sumsum di komplek Purigading, Kota Bekasi, Kepada Cendana News, Sabtu (17/4/2021).

Dikatakan bubur sumsum sebenarnya mudah dibuat dan bisa dibuat sendiri sebagai menu berbuka puasa di rumah. Tapi jika tidak waktu tentu banyak yang mencari keluar, untuk menu bersama keluarga.

Menurutnya, bubur sumsum cukup diburu saat bulan suci Ramadhan. Dolah mengaku telah 7 tahun berjualan bubur sumsum setiap memasuki bulan suci ramadhan, ia juga menjual kolak biji salah sebagai menu tambahan.

“Tapi banyak diburu, bubur sumsum, setiap sore bisa 50 cup lebih terjual dengan harga Rp5000/cupnya,” papar Dolah yang kerap mangkal di Jalur komplek Purigading.

Disebutkan bahwa bubur sumsum memiliki bahan baku tepung beras biasanya diadon waran hijau pandan, kemudian untuk campuran mutiara bisa dibeli di pasar, santan, pandan, gula merah.

“Kunci legit pada kuahnya karena santan dipadu dengan gula merah hingga menyegarkan jika dicampur es,” tukasnya.

Ibu Rohani, mengaku memilih beli di pedagang takjil untuk bubur sumsum. Ia mengaku tidak memiliki banyak waktu untuk berkreasi membuat sendiri di rumah hingga memilih beli di luar.

Rohani mengakui, bubur sumsum selain menyegarkan juga memulihkan tenaga saat berbuka setelah seharian berpuasa. Menghabiskan satu cup saja, bisa mengganjal perut.

“Bubur sumsum, sebagai menu berbuka menyegarkan dan menyehatkan sebagai makanan pembuka sebelum makanan berat. Biasanya kalau beli dicampur dengan kolak biji salah, di rumah langsung di campur jadi satu,” ujarnya.

Lihat juga...