Lebaran CDN

Cara Cegah Tanaman Pepaya dan Buahnya tidak Membusuk

Editor: Makmun Hidayat

JEMBER — Kondisi cuaca hujan yang tidak menentu menjadi tantangan tersendiri bagi pembudidaya tanaman pohon pepaya california. Tanpa penanganan yang baik, bisa berdampak pada pembusukan karena buah ini sangat rentan terhadap hujan.

Pembudidaya tanaman pepaya california, Jasuli, mengatakan, penyebab busuknya buah pepaya dikarenakan kondisi temperatur air yang ada terlalu banyak, sehingga membuat buah pepaya california muda gampang membusuk.

“Hujan yang seringkali tidak menentu, kadang kala juga terjadi hujan hingga beberapa hari, membuat tanaman pepaya california ini banyak yang mengalami busuk. Penyebab utamanya adalah karena kandungan air yang ada berlebihan,” ujar Jasuli kepada Cendana News, di Desa Tamansari, Kecamatan Mumbulsari, Jember, Senin (19/4/2021).

Jasuli ditemui di sela kesibukannya melakukan perawatan tanaman pepaya california, Senin (19/4/2021). –Foto Iwan Feri Yanto

Untuk menghindarinya, kata Jasuli, saat proses penanaman pepaya perlu tersedia irigasi air terlebih dahulu untuk mengalirkan air hujan sehingga turun ke irigasi aliran sungai.

“Selama masih penanaman bibit usahakan aliran air sudah tersedia. Karena kalau terkena air berlebihan, yang busuk bukan hanya buahnya saja, melainkan batang pepayanya juga akan membusuk,” ucapnya.

Meskipun tanaman pepaya mudah rusak saat terkena air, namun perawatannya boleh dibilang mudah. Jasuli menyebutkan, menanam pepaya tidak membutuhkan tenaga berlebihan seperti pada tanaman padi, tanaman jagung, dan lain sebagainya.

“Penanaman pepaya cukup dengan hanya menanam bibit dan memberikan pupuk secara berkala,” ungkapnya.

Senada dengan Jasuli, pembudidaya pepaya lainnya, Nurus, mengatakan, selama proses penanaman bibit pepaya, hal yang paling utama ialah membuat saluran pembuangan air saat terjadi genangan akibat turun hujan.

“Proses penanaman bibit, seperti saat pertama kita mau menanam bibit cabai. Tanah yang digunakan untuk penanaman bibit posisinya agak tinggi, sementara yang agak rendah biasanya nantinya digunakan untuk pembuangan air,” jelas Nurus yang sudah membudidayakan tanaman pepaya california selama tujuh tahun di Desa Tamansari ini.

Ia menambahkan, apabila terjadi gejala berlebihan terhadap kandungan air pada pohon pepaya, bisa berbahaya. Rasanya bukan hanya tidak manis, tapi juga menyebabkan kerusakan, pembusukan dan mati, dari batang sampai pada buahnya.

Berbeda dengan tanaman yang lainnya, saat terjadi proses pembusukan pada batang akibat kelebihan air, masih bisa diatasi dengan pupuk maupun diobati. “Untuk pohon pepaya apabila sudah terkontaminasi dengan banyaknya kandungan air susah sekali untuk mengobatinya kembali,” pungkasnya.

Lihat juga...