Cukur Heracles 3-0, PSV Amankan Kembali Posisi Kedua

JAKARTA — PSV Eindhoven mengamankan kembali posisi kedua klasemen sementara Liga Belanda seusai mencukur Heracles Almelo 3-0 dalam laga pekan ke-28 di Stadion Philips, Minggu.

Gol-gol Donyell Malen, Denzel Dumfries dan Mohamed Ihattaren membuat PSV kembali ke jalur kemenangan setelah gagal merasakannya di dua pertandingan terakhir mereka.

PSV kembali menduduki posisi kedua, setelah sempat disalip AZ Alkmaar sehari sebelumnya, berbekal keunggulan selisih gol kendati kedua tim sama-sama mengoleksi 58 poin.

Sedangkan Heracles (36), yang mendapati tren nirkalah yang mereka jaga dalam empat pertandingan sebelumnya berakhir, tertahan di urutan kesembilan, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

PSV tampil menekan tamunya sejak awal laga dan berhasil membuka keunggulan hanya sembilan menit selepas sepak mula ketika umpan Olivier Boscagli mampu diselesaikan dengan baik oleh Malen.

Keunggulan itu digandakan pada menit ke-21 saat umpan silang Boscagli berhasil diteruskan dengan tandukan tajam Dumfries ke pojok kiri atas gawang.

Kendati terus menekan dan menguasai jalannya laga, PSV baru bisa menambah keunggulan lagi pada menit kedua injury time saat Ihattaren mengkonversi umpan Mario Goetze demi mengunci kemenangan 3-0 atas Heracles.

Dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan, FC Utrecht mampu membawa pulang tiga poin penuh dari markas ADO Den Haag setelah menang 4-1 atas tuan rumah di Stadion Carl Jeans.

Gyrano Kerk, Joris van Overeem dan Othmane Boussaid membawa Utrecht memimpin 3-0 hingga turun minum. Tuan rumah sempat membalas melalui Jonas Arweiler pada menit ke-72, tetapi dua menit berselang Adam Maher mengunci kemenangan 4-1 bagi Utrecht.

Utrecht menjaga posisi mereka di urutan ketujuh klasemen dengan koleksi 43 poin, sedangkan ADO (15) semakin terbenam sebagai juru kunci.

Sementara itu di De Kuip, dalam laga yang dimainkan lebih awal, Feyenoord menang meyakinkan 2-0 atas Fortuna Sittard disokong gol-gol Bryan Linssen dan Steven Berghuis.

Feyenoord terus merawat asa meraih tiket otomatis ke Eropa dengan menempati urutan kelima berbekal 51 poin atau hanya terpaut tujuh poin dari posisi ketiga, sedangkan Fortuna (34) tertahan di peringkat ke-12 setelah disalip Sparta Rotterdam (34) sehari sebelumnya. [Ant]

Lihat juga...