Dengan Inovasi, Jajanan Jadul Es Serut Mulai Eksis Lagi di Jember

Editor: Mahadeva

JEMBER Es Serut, adalah minuman yang pernah familiar sekira 20 tahun lalu. Es serut, identik dengan cercahan berbahan dasar es batu yang dihaluskan dengan alat serut. Minuman yang disajikan seperti gumpalan salju.

Minuman es serut, dulunya identik berbentuk seperti gumpalan salju, ditambah dengan gula pemanis yang cocok di konsumsi saat dahaga. Saat ini, es serut diolah menjadi jajanan, dengan ditambahi beberapa toping, yang kemudian diberi nama es doger. “Untuk menghidupkan kembali konsumsi jajanan es serut, perlu dilakukan inovasi penyajian. Seperti ditambah dengan beberapa toping ketan tape, ketan hitam, roti dan mutiara,” ujar Muhammad Hotip, saat ditemui oleh Cendana News di sekitar Alun-alun Jember, Sabtu (3/4/2021).

Jajanan es serut, yang familiar dijamannya, memiliki peluang untuk pelaku usaha. Cara penyajian mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. “Sebelumnya, untuk membuka kembali dagangan jajanan es serut masih terbatas karena keragu-raguan. Akan tetapi saya coba belajar dari teman saya, setelah memiliki bekal yang cukup baru saya buka jualan sendiri,” ujarnya.

Es Serut gaya baru yang biasa disebut es doger – Foto Iwan Feri

Dan saat ini , jajanan es serut masih diminati. Selain varian tampilannya diperbaharui, faktor pendukung orang tertarik untuk membelinya, karena memiliki nilai historys. “Kadang kalanya orang yang datang membeli menyatakan, bahwa dirinya dulu kala sering kali mengkonsumsi jajanan es serut. Untuk mengenang kembali masa zaman dahulu, pembeli tertarik untuk kembali mencobanya,” tandasnya.

Memasuki Ramadan, es doger dapat dijadikan sebagai menu buka puasa. Selain rasanya yang dingin, es doger memiliki toping ketan yang mampu mengisi perut, setelah seharian menahan lapar. “Toping ketan pada es doger dapat dikonsumsi saat buka puasa. Sehingga mampu mengisi perut tidak berlebihan, dan rasanya yang dapat menghilangkan rasa dahaga selama seharian menahan haus,” tambahnya.

Dimas Hariyadi, salah satu pembeli menyatakan, kerap menyempatkan diri untuk jajan es doger. Karena cuaca yang panas, membuat es doger mampu mengatasi rasa haus yang dirasakan. “Saat musim panas seperti saat ini es menjadi pilihan dalam menghilangkan haus dahaga. Bagi saya untuk menghindari konsumsi minuman es berlebihan, saya pilih mengkonsumsi es doger. Karena es yang terasa tercampur dengan toping ketan, tape roti dan lainnya, sehingga tidak terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi minuman es. Saat panas, konsumsi es yang berlebihan juga tidak baik,” ungkapnya.

Lihat juga...