Lebaran CDN

Desa Pinggirsari Izinkan Seluruh Aktivitas Pendidikan Non-Formal

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BANDUNG – Kepala Desa Pinggirsari, Arjasari, Kabupaten Bandung, Wawan Somantri, mengizinkan masyarakat di wilayahnya melaksanakan berbagai kegiatan pendidikan non-formal.

“Silakan yang mau melaksanakan aktivitas pengajian, pesantren kilat untuk anak-anak, latihan pencak silat, semua silakan, kami tidak melarang,” ujar Wawan, Kamis (15/4/2021) di Masjid Al-Ikhlas, Kampung Cimantri.

Menurut Wawan, kegiatan pendidikan, khususnya untuk anak-anak harus dijalankan agar semangat belajar mereka tetap terjaga. Pasalnya, kata Wawan, jika terus dibiarkan tanpa ada kegiatan belajar, besar kemungkinan anak-anak kehilangan gairah.

“Saya tidak ingin anak-anak Pinggirsari ini hilang semangat belajarnya karena sampai sekarang sekolah tidak dibuka. Ini mengkhawatirkan, apalagi kebanyakan anak-anak sudah mulai diajak bekerja, makin sulit nantinya mulai belajar lagi,” ucap Wawan.

Lebih lanjut, Wawan mengaku siap bertanggungjawab apabila keputusannya tersebut nantinya dipermasalahkan oleh pemerintah kabupaten, maupun pusat.

“Saya siap pasang badan untuk ini. Saya akan beri penjelasan mengapa pelonggaran ini harus diberikan kepada masyarakat. Termasuk kegiatan salat tarawih, di sini juga kita perbolehkan,” tukas Wawan.

Di tempat yang sama, Iim, salah seorang Guru Mengaji di Masjid Al-Ikhlas Cimantri mengaku bersyukur dan menyambut baik arahan Kepala Desa Pinggirsari itu.

“Pengajian anak-anak itu kan selain membekali karakter dan memperkaya ilmu agama mereka, juga semakin penting untuk menjaga semangat anak agar tetap punya minat belajar, di saat sekolah umum masih ditutup,” kata Iim.

Ia pun menyebut, pihaknya tetap selalu menganjurkan anak-anak untuk mematuhi protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Imbauan itu selalu kita sampaikan baik kepada anak maupun kepada orang tua mereka. Kita berharap semoga penyakit corona segera hilang dan kehidupan kembali normal seperti dulu,” pungkas Iim.

Lihat juga...