Disnaker Sangihe Buka Pendaftaran Tenaga Kerja ke Jepang

Kadisnaker Sangihe, Sulut, Dokta Pangandaheng - Foto Ant

SANGIHE – Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara (Sulut), membuka pendaftaran calon tenaga kerja untuk dikirim ke Jepang.

Pendaftaran dipastikan dibuka April 2021, untuk tahap pertama. “Hal itu untuk menindaklanjuti MoU antara Bupati, Jabes Gaghana, dengan kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Beny Ramdani, yang dilaksanakan di Jakarta Senin (29/3/2021),” ungkap Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kepulauan Sangihe, Dokta Pangandaheng Tahuna, Kamis (1/4/2021).

Menurutnya, Disnaker Sangihe segera mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan, untuk pendaftaran calon tenaga kerja tahap pertama. Tenaga kerja yang dibutuhkan adalah untuk bidang keperawatan dan automotif serta pertanian.

Nantinya mereka akan bekerja selama lima tahun di Jepang. “Salah satu syarat calon tenaga kerja adalah berijazah minimal SLTA dan berusia 18 sampai dengan 35 tahun,” Tambah Dokta Pangandaheng .

Pendaftaran dibuka untuk umum, bagi putra dan putri Sangihe yang ingin bekerja di Jepang. Calon yang lulus seleksi, akan dibekali pelatihan, yang dilaksanakan selama enam bulan di Tahuna. Diimbau generasi muda lulusan SLTA, yang berminat segera mendaftar di dinas Tenaga Kerja pada bulan depan. “Ini kesempatan yang bagus bagi lulusan SLTA yang belum bekerja, sebab ada jaminan dari pemerintah serta akan diberikan gaji yang tinggi,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...