Lebaran CDN

Donat Kentang, Camilan Empuk dan Mengenyangkan

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Untuk membuat camilan yang sehat dan mengenyangkan dibutuhkan sebuah kreatifitas. Seperti halnya donat, yang biasanya dibuat dari adonan tepung terigu, gula, telur, dan mentega dapat dikreasikan dengan menggunakan kentang.

Doniansah, pemilik usaha kuliner donat di Jalan Gatot Subroto, Pahoman, Bandar Lampung menyebutkan, bahan pembuatan cukup sederhana. yakni terigu protein tinggi, kentang yang telah direbus, susu bubuk, ragi, telur, mentega dan garam. Proses pembuatan dilakukan dengan pencampuran terigu, kentang yang telah direbus dan dilumatkan. Selanjutnya tambahkan susu bubuk, gula, kuning telur, ragi.

Semua bahan tersebut dibuat menjadi adonan menggunakan mixer hingga kalis, kemudian dicampurkan dengan mentega dan garam. Semua bahan adonan diaduk menggunakan mixer hingga adonan lebih lembut. Seperti pada proses pembuatan donat, adonan akan didiamkan (proofing) selama setengah jam.

“Semua bahan yang telah didiamkan selama setengah jam selanjutnya dicetak berbentuk bulat dan didiamkan ulang dengan ditutupi kain serbet hingga setengah jam agar lebih mengembang,” terang Doniansah saat ditemui Cendana News, Sabtu (10/4/2021).

Proses proofing sebut Doniansah menjadi cara untuk proses fermentasi yang menjadi kunci donat menjadi empuk. Agar bertekstur lembut ditambahkan penggunaan mentega. Proses penggorengan donat harus menggunakan minyak dalam jumlah yang banyak dan api kecil. Proses penggorengan dilakukan hingga donat empuk dan mengembang.

Donat kentang sebut Doniansah lebih nikmat disantap dalam kondisi hangat. Dalam sehari ia bisa menyediakan sebanyak lima kilogram bahan. Dijual seharga Rp1.000 per buah ia bisa menjual sebanyak ratusan per hari.

“Donat kentang menjadi salah satu camilan berbahan karbohidrat yang mengenyangkan, teman untuk minum kopi dan teh,” cetusnya.

Donat kentang sebut Doniansah kerap disajikan dengan taburan keju, mesis dan susu. Namun sebagian pelanggan memilih meminta tanpa taburan apapun. Donat kentang yang disajikan dalam kondisi hangat sebutnya akan memiliki tekstur garing dan lembut.

Stevani, salah satu penyuka donat kentang menyebut kerap membeli untuk camilan. Memiliki tekstur lembut kue itu kerap digunakan untuk teman minum teh hangat.

Donat kentang sebut Stevani akan lebih lezat disantap selagi hangat. Donat kentang yang selesai digoreng lebih memiliki kulit yang renyah dan krispi. Agar donat kentang lebih lezat selain teh hangat ia kerap menyantapnya dengan kopi cokelat.

Lihat juga...