Lebaran CDN

Es Buah Cincau Daun Kelasi, Minuman Menyegarkan untuk Berbuka

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BEKASI — Es buah segar merupakan salah satu resep minuman yang paling banyak diburu saat memasuki bulan puasa. Tentunya banyak varian sebagai pilihan menu.

Fitri ibu rumah tangga di Bekasi, Sabtu (17/4/2021) mengaku telah menyiapkan menu es buah tiap berbuka puasa. Foto: Muhammad Amin

Seperti halnya Fitria di Bekasi yang mencoba mengkreasikan es buah segar. Ia hanya menamakan es buah karena isiannya bermacam-macam varian, mulai dari kolangkaling, tape ketan hitam, hingga lainnya.

“Buatnya sangat gampang bisa kreasi sendiri saja di rumah. Untuk buahnya bisa disesuaikan dengan selera,” ujar Fitri kepada Cendana News, Sabtu (17/4/2021).

Es buah sederhana yang enak dan segar untuk menu pembuka puasa di bulan suci Ramadhan, bahan bakunya seperti sirup merk disesuaikan selera, susu kental manis, ditambah air. Buah yang telah dipisahkan bisa disiram.

Fitri mengaku, untuk menambah kesegaran es buah buatannya ia biasa menambahkan cincau daun kelasi yang merambat di depan rumahnya. Cincau daun kelasi memiliki tekstur berbeda dari cincau biasanya yang dengan daun lebih lebar.

Campuran buah lainnya, selain kolangkaling, dipadu dengan timun suri, bahkan terkadang dicampur dengan irisan korma. Hingga rasa manisnya kian keluar saat berbuka puasa.

“Sarannya untuk membuat es buah disiapkan satu jam sebelum berbuka puasa. Sehingga rasanya akan lebih segar, dibuat siang kemudian diletakkan ke dalam kulkas,” tandasnya.

Di saat seharian menahan rasa haus dan lapar, minum es buah segar ketika waktu berbuka akan sangat menyegarkan serta menghilangkan dahaga yang dirasakan. Rasa manis dan segarnya buah akan semakin membuat ketagihan.

Diakuinya, suaminya, saat berbuka puasa menu es buah menjadi wajib sebagai sajian pembuka disamping menu pendamping lainnya.

“Saya sudah nyetok sendiri di rumah, seperti sirup, susu kental manis, pandan, sebagai bahan utamanya. Untuk buah sebagai bahan isiannya setiap harinya bisa dikreasikan,” jelasnya Fitri agar menu pembuka aman setiap harinya.

Fery, mengaku varian menu pembuka puasa di rumahnya semua dibuat sendiri oleh isterinya di rumah. Tidak ada jajan takjil di tepi jalan meski banyak pilihan karena lebih nikmat hasil buatan sendiri di rumah.

“Jajan takjil di tepi jalan, bukan anti tapi lebih kepada menjaga saja. Kalau buat sendiri di rumah tentu lebih yakin, sehat dan halal. Sekali yang hobi jajan takjil silahkan banyak pilihan tentunya,” jelas Fery mengingat kenikmat es buah cincau daun kelasinya.

Lihat juga...