Lebaran CDN

Es Cendol Khas Jawa Barat, Sajian Segar Kala Buka Puasa

Editor: Koko Triarko

BANDUNG – Es cendol merupakan salah satu sajian yang paling banyak dihidangkan saat berbuka puasa di bulan suci Ramadan. Hampir di tiap daerah bisa ditemui minuman es tradisional ini. Tak kecuali, di Bandung, Jawa Barat.

Di Bandung, jajanan khas Jawa Barat ini juga tidak sulit  ditemukan, terutama di sejumlah pusat keramaian, seperti pasar tradisional, maupun alun-alun daerah.

Deden, salah seorang pedagang es cendol di Desa Pinggirsari, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, mengaku setiap kali bulan Ramadan tiba, penjualan cendol selalu tinggi.

Deden, pedagang es cendol di Desa Pinggirsari, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, melayani pesanan pembeli di lapaknya, Sabtu (24/4/2021). –Foto: Amar Faizal Haidar

“Maka, kalau Ramadan saya bikin cendolnya lebih banyak. Karena ini memang minuman khas Ramadan, jadi pembelinya juga banyak. Kadang saya buka jam 4 sore, jam setengah 5 sudah habis,” ujar Deden kepada Cendana News di Bandung, Sabtu (24/4/2021).

Deden mengaku, es cendol buatannya tidak jauh beda dengan es cendol pada umumnya. Namun, salah satu resep yang ia percayai menjadi alasan dagangannya laris manis adalah karena seluruh bahan baku yang digunakan tidak bersinggungan dengan bahan kimia alias alami.

“Silakan cek mulai tepung kanji, terigu, gula merah, santan hingga pewarna menggunakan daun suji (pandan). Insyaalloh bebas bahan kimia. Harganya juga murah, cuma Rp5.000 per gelas atau per bungkusnya,” tukas Deden.

Bagi Anda yang mungkin tertarik membuat es cendol sendiri, dapat mencobanya sendiri di rumah. Wiwin Winaningsih, warga Desa Ancolmekar, Arjasari berbagai resepnya kepada Cendana News.

Hal utama yang harus dilakukan tentu saja menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cendol, antara lain tepung beras, tepung sagu, air, pasta pandan, garam, gula merah, daun pandan simpul, santan instan dan vanili.

“Cara pertama bikin cendolnya dulu, yaitu masukkan air, tepung beras, tepung sagu, pasta pandan dan garam ke dalam panci. Lalu aduk hingga merata. Masaknya dengan api kecil saja, sambil diaduk,” kata Wiwin.

Ketika sudah mengental, masukan adonan ke plastik segitiga, kemudian beri lubangi kecil. Siapkan baskom berisi air dan es batu. Tekan adonan dalam plastik hingga masuk ke dalam air es, jika sudah habis, maka sisihkan.

Ada pun untuk kuah gulanya, masukan gula merah, daun pandan, dan air ke dalam panci lain. Rebus kuah gula hingga mendidih dan aduk agar gulanya makin cepat larut.

“Selanjutnya siapkan bahan untuk kuah santan. Udah selesai deh, tinggal campurkan saja semua bahan. Siapin gelas saji masukan cendol, kuah santan dan kuah gula cendol tepung beras, lalu kasih es batu biar makin segar dan nikmat,” pungkas Wiwin.

Lihat juga...