FINA Pertimbangkan Batalkan Kualifikasi Selam untuk Olimpiade Tokyo

JAKARTA — Federasi Renang Internasional (FINA) menghadapi kemungkinan pembatalan Piala Dunia Selam yang berfungsi sebagai ajang kualifikasi untuk Olimpiade Tokyo karena kekhawatiran virus corona, lapor kantor berita Kyodo, Jumat.

FINA dan penyelenggara Olimpiade sedang mempertimbangkan untuk membatalkan acara yang akan berlangsung dari 18 sampai 23 April di Tokyo Aquatics Centers itu setelah beberapa tim peserta menyatakan keengganan melakukan perjalanan ke Jepang.

Risiko terinfeksi virus corona di kalangan atlet dan ofisial serta keadilan dalam kompetisi dianggap menjadi beberapa faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan FINA.

Piala Dunia Selam FINA diharapkan menghadirkan penyelam terbaik dari seluruh dunia pada papan loncatan 3 meter dan papan loncatan 10 meter, baik dalam nomor perorangan maupun beregu.

Acara tersebut ditunda April tahun lalu karena pandemi.

Sementara itu, bulan lalu, penyelenggara Olimpiade Tokyo mengatakan bahwa acara uji coba untuk skateboard dan menembak ditunda hingga Mei karena terdampak penjadwalan akibat situasi COVID-19.

Olahraga menembak yang semula dijadwalkan 26-30 April, diundur 17-21 Mei, dan skateboard yang awalnya dijadwalkan 28-29 April dipindahkan menjadi 13-14 Mei.

Olimpiade akan dimulai 23 Juli hingga 8 Agustus, sedangkan Paralimpiade dimulai 24 Agustus hingga 5 September. (Ant)

Lihat juga...