Lebaran CDN

Gakum LH Bekasi Pastikan Segera Cek Aktivitas Pembuang Limbah di Cikarang Utara

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BEKASI — Bidang Penegakan Hukum Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Bekasi, mengaku belum mengetahui adanya aktivitas pembuangan limbah dari pengolahan semen langsung ke sungai Cikarang, di wilayah Desa Wangun Harja, Cikarang Utara.

Arnoko Kabid Gakum LH Kabupaten Bekasi, dikonfirmasi Rabu (21/4/2021), mengaku belum mendapat laporan terkait aktivitas pembuangan limbah langsung ke Sungai Cikarang di wilayah Cikarang Utara sebelum di laporkan Cendana News. Foto: Muhammad Amin

“Saya baru tahu ini, laporan langsung dari wartawan Cendana News, terkait aktivitas tersebut. Nanti pemberitaannya akan dinaikkan ke kepala dinas supaya kami segera dapat Surat Perintah (SP) turun ke lokasi sesuai yang ditulis tersebut,” ungkap Arnoko, Kabid Gakum LH Kabupaten Bekas, di Konfirmasi Cendana News, Rabu (21/4/2021).

Dia memastikan turun ke lokasi setelah mendapat surat perintah untuk mengecek langsung proses pembuangan limbah di lokasi tersebut. Untuk itu ia meminta dikirim link pemberitaan untuk diteruskan ke Kepala Dinas LH Kabupaten Bekasi, sebagai bentuk laporan langsung.

Dikonfirmasi apakah mengetahui Perusahaan apa yang membuang limbah di lokasi tersebut. Arnoko, kembali mengatakan bahwa sampai saat ini belum pernah ada pihak melaporkan hal tersebut. Dia mengakui baru melihat lokasi tersebut dari link pemberitaan Cendana News yang baru dikirim.

“Jika berkenan selain link berita, mohon share lokasi tepat agar arah yang dituju jelas saat melakukan sidak. Karena bicara sungai Cikarang lokasinya panjang, karena pemberitaan ini akan dilaporkan ke kepala dinas agar surat perintah keluar dan kami segera ke lokasi,” tegas Arnoko.

Ketua Kopel Bekasi Bang Golan mengakui sampai saat ini belum ada respon apapun dari instansi terkait tentang pembuangan limbah dari aktivitas pengolahan semen yang langsung ke Sungai Cikarang.

“Hanya ada beberapa organisasi lingkungan hidup yang mencari-cari informasi. Sampai sekarang belum ada tindakan apapun, semoga ada pihak yang peduli,” harap Bang Golan.

Sebelumnya Bang Golan, memastikan bahwa limbah yang langsung dibuang ke sungai alam tersebut adalah limbah semen. Hal itu bisa di cium bau dan jenis saat dialirkan ke sungai seperti buihnya.

Ketika ditanya dampak bagi lingkungan sekitar apakah yang dirasakan. Golan menjawab warga yang kerja di sawah merasakan kerap mengaku gatal karena memanfaatkan air Kali Cikarang yang berdekatan dengan lokasi tersebut.

Diberitakan bahwa Industri pengolahan semen di desa Wangun Harja Cikarang Utara, langsung membuang limbah ke sungai Cikarang. Hal tersebut dari susur sungai oleh Cendana News, bersama relawan, bahkan melibatkan UPTD Kebersihan Area Sungai, Rabu (7/4/2021).

Uniknya Gakum LH Kabupaten Bekasi, mengaku belum mengetahui hal tersebut. Baik pihak relawan ataupun UPTD LH sendiri mengakui telah melaporkan kondisi tersebut. Bahkan laporan juga telah disampaikan BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) terkait kondisi limbah yang langsung dibuang ke Sungai.

Lihat juga...