Lebaran CDN

Gol Sebastien Haller Dekatkan Ajax ke Gelar Juara

Penyerang Ajax, Sebastien Haller (kiri), melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol ke gawang RKC Waalwijk, dalam lanjutan Liga Belanda di Stadion Mandemakers, Waalwijk, Belanda, Minggu (11/4/2021) - foto Ant

JAKARTA – Sebastien Haller, mendekatkan Ajax menuju gelar juara Liga Belanda, selepas gol semata wayangnya mengunci kemenangan 1-0 atas RKC Waalwijk di laga pekan ke-29 yang digelar di Stadion Mandemakers, Minggu (11/4/2021).

Hallers, menjebol gawang tuan rumah pada menit ke-14 dengan tembakan kaki kanannya, menyelesaikan umpan silang kapten Dusan Tadic. Sebelum gol itu, Ajax sebetulnya punya dua peluang bagus lain, yang bisa untuk membuka keunggulan. Tetapi tendangan Edson Alvarez dan Tadic, masih mampu diamankan oleh kiper Kostas Lamprou.

Talenta muda, Antony Matheus, seharusnya bisa menggandakan keunggulan Ajax pada menit ke-36. Sayangnya penyelesaian atas umpan kiriman Tadic melenceng dari sasaran. Pemain muda lainnya, Devyne Rensh, beroleh peluang berbahaya untuk Ajax pada menit ke-57, tetapi tembakannya masih bisa dihentikan oleh Lamprou.

Sebaliknya tuan rumah, yang jarang menciptakan peluang hampir menyamakan kedudukan pada menit ke-74, jika saja eksekusi tendangan bebas Cyril Ngonge, yang sudah memperdaya kiper Kjell Scherpen, tak ditolak oleh mistar gawang.

Skor 1-0 tak mampu diperlebar oleh Ajax, tetapi kemenangan itu membuat mereka kini mengumpulkan 72 poin di puncak klasemen atau unggul 11 poin atas dua pesaing terdekat PSV Eindhoven dan AZ Alkmaar.

Dengan situasi memiliki satu laga simpanan yang belum dilakoni, Ajax kini hanya butuh hanya dua kemenangan lagi untuk mengunci gelar juara musim ini. Sementara bagi RKC (26), yang menelan dua kekalahan beruntun, tak beranjak dari urutan ke-14 dengan jarak aman dari zona degradasi tetap empat poin.

Pekan depan, Liga Belanda akan memasuki masa libur untuk memberi kesempatan dimainkannya partai final Piala KNVB Beker, yang mempertemukan Ajax dengan Vitesse Arnhem di De Kuip pada Minggu (18/4/2021). (Ant)

Lihat juga...