Gubernur Jabar Jamin Keamanan Umat Kristiani Selama Paskah

Editor: Makmun Hidayat

BANDUNG — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjamin keamanan umat kristiani dalam menjalankan peribadatan di Hari Paskah, Jumat (2/4/2021). Pemda telah meminta polisi dan TNI memperketat pengamanan di tempat ibadah.

“Saya menjamin keamanan warga dan sudah dikoordinasikan nanti pada hari Paskah Jumat besok. Silakan umat kristiani untuk tidak takut melaksanakan kegiatan peribadatan karena kepolisian TNI akan menguatkan keamanan di titik-titik yang diperlukan,” ujarnya di Gedung Pakuan Bandung, berdasar rilis yang diterima Cendana News, Kamis (1/4/2021).

Kang Emil menegaskan, telah berkoordinasi dan meminta aparat keamanan memperkuat keamanan di gedung-gedung pemerintahan, kantor-kantor polisi dan TNI.

“Penguatan dilakukan, dan saya titip kepada masyarakat untuk tetap tenang, kita waspadai dan lawan benih-benih terorisme jika terdeteksi secara dini di lingkungan masing-masing,” tegasnya.

Kepada masyarakat, Gubernur berpesan agar memanfaatkan kanal-kanal informasi termasuk digital untuk bertukar informasi dalam kerangka memperkuat sistem keamanan lingkungan.

“Kalau dengan  Gubernur ada Sapa Warga, maka dengan RT/RW ada siskamling dan lain-lain. Kita perkuat terus komunikasi, kalau ada kawan dan sahabat kita terduga perilakunya melenceng dengan semangat silih asah silih asih dan silih asuh, kita rangkul dan ingatkan,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut Ridwan Kamil, juga  mengutuk keras rentetan aksi terorisme yang terjadi dalam satu pekan di beberapa wilayah di Indonesia, teranyar di Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia.

“Kita menyesali terjadinya peristiwa terorisme dari Makassar kemudian Mabes Polri. Kita mengutuk keras peristiwa teror ini dan tetap menjadi tantangan untuk selalu waspada,” ujarnya.

Sementara Polda Jabar meminta warga yang akan merayakan Paskah tetap tenang dan mempercayakan keamanan kepada kepolisian. Kapolda menegaskankan telah meminta jajarannya bekerja maksimal melakukan pengamanan.

“Yang akan melaksanakan Paskah percayakan kepada kami, kami akan melakukan pengamanan semaksimal mungkin, agar para jemaat dapat melakukan secara khusyuk, polisi sudah mengamankan kegiatan itu,” kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A.

Kecaman juga disampaikan Ketua MUI Kota Bekasi, K.H Abu Bakar, dengan mengatakan bahwa aksi teror seperti di Makassar ataupun di Mabes Polri adalah tindakan tidak sesuai dengan nilai keislaman ataupun khittah MUI juga.

“Percayakan kepada petugas keamanan seperti Polisi, meski besok umat kristiani merayakan paskah. Kota Bekasi adalah kota toleran pastinya besok perayaan paskah tetap aman terkendali,” tandasnya mengatakan kasus teror yang terjadi sudah ditangani kepolisian.

Ia optimis di Kota Bekasi tetap terkendali, meskipun beberapa pelaku teroris banyak tertangkap di wilayah kota dan Kabupaten Bekasi. Untuk itu K.H Abu Bakar juga mengimbau untuk tetap tenang, karena Polisi tentunya telah bekerja maksimal sekarang untuk menciptakan keamanan.

Lihat juga...