Gunakan Waktu Luang di Rumah dengan Berkebun, Menyehatkan

Editor: Koko Triarko

BANDUNG – Sejak setahun lalu, Yayan Andriansyah, warga Kampung Garudapaksi, Pinggirsari, Arjasari, Bandung, menanam sayuran di pekarangan rumahnya. Mulanya, ia mengaku berkebun hanya untuk mengisi waktu luang di rumah semasa pandemi Covid-19. Namun seiring waktu berjalan, aktivitas tersebut tenyata menyenangkan dan sangat bermanfaat.

“Awalnya iseng-iseng saja, kebetulan ada yang kasih beberapa jenis bibit sayuran. Pas coba ditanam di pekarangan rumah dan dijalanin, ternyata menyenangkan juga,” kata Yayan di rumahnya, Senin (5/4/2021).

Yayan menunjukkan daun selada, salah satu jenis sayuran yang berhasil ia tanam dan sudah ia rasakan keuntungannya. Menurut Yayan, jenis sayuran tersebut hanya membutuhkan waktu dua minggu untuk bisa dipanen.

“Sejak ada tanaman daun selada di rumah, kita ngga susah lagi cari untuk lalapan. Dan, ngga perlu beli juga, jadi lebih hemat. Alhamdulillah, sayurannya pun segar-segar,” ucap Yayan.

Menurut Yayan, tidak sulit menanam sayuran semacam itu, yang terpenting secara rutin disiram dua kali sehari, pagi dan sore hari. Selain itu, Yayan mengaku tidak mengeluarkan modal sedikit pun selama bercocok tanam.

“Disiram-siram aja. Terus tanahnya itu dikasih pupuk kotoran domba. Kebetulan orang tua ada yang punya domba, kotorannya saya minta untuk dijadikan pupuk,” tandasnya.

Selain selada, Yayan juga kini menanam daun kemangi, bayam dan beberapa jenis sayuran lainnya. Semua itu ditanam hanya di lahan seluas dua meter persegi.

Kini, setelah aktivitas perkantoran mulai dilonggarkan, aktivitas bercocok tanam di pekarangan rumah dilanjutkan oleh istrinya, Via Pertiwi. Via pun mengaku senang, lantaran telah memiliki aktivitas lain selain mengurus anak.

“Jujur, menurut saya berkebun seperti ini sangat menyenangkan dan sepertinya juga bisa menyehatkan, menghilangkan stress,” tukas Via.

Di samping itu, Via pun mengatakan, dengan bercocok tanam, dirinya bisa memberikan edukasi tentang pemanfaatan pekarangan sejak dini kepada anak-anaknya.

“Jadi, banyak sekali manfaatnya. Anak-anak juga senang, dan tidak perlu selalu main keluar rumah, karena di rumah pun ada aktivitas yang menyenangkan seperti ini,” pungkas Via.

Lihat juga...