Gunung Merapi Luncurkan Guguran Lava Dua Kali ke Arah Tenggara

Ilustrasi - Guguran lava pijar menuruni lereng Gunung Merapi di wilayah Balerante, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah, Rabu (24/2/2021) malam. ANTARA

YOGYAKARTA – Gunung Merapi, yang ada di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah, meluncurkan guguran lava dari kubah lava yang berada di tengah kawah puncak gunung itu ke arah tenggara atau menuju hulu Kali Gendol, Cangkringan, Kabupaten Sleman. Pada Selasa (13/4/2021), luncuran lava tercatat terjadi dua kali.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida mengatakan, guguran lava yang meluncur ke arah tenggara terpantau selama pengamatan pada Selasa (13/4/2021) pukul 00.00 sampai 24.00 WIB dengan jarak luncur 400 meter. “Benar, guguran ke arah tenggara berasal dari kubah lava tengah,” kata Hanik, Rabu (14/4/2021).

Selain luncuran lava ke arah tenggara, BPPTKG juga mencatat, telah terjadi 25 kali guguran lava pijar ke arah barat daya dengan jarak luncur maksimum 1.000 meter. Selama periode pengamatan itu, Gunung Merapi juga tercatat mengeluarkan awan panas guguran empat kali ke arah barat daya, dengan jarak luncur maksmum mencapai 1.800 meter.

Lihat juga...