Lebaran CDN

Gurih Tahu Aci Khas Tegal Disukai Warga Jakarta

Editor: Koko Triarko

JAKARTA  – Tahu Aci khas Tegal, Jawa Tengah, menjadi santapan buka puasa yang diburu warga Jakarta. Setelah minum teh manis, tahu aci yang terbuat dari tahu kuning khas Tegal yang atasnya dibalut aci atau tepung kanji berbumbu rempah ini, menjadi santapan pendampingnya.

Fauziah, pedagang tahu aci khas Tegal di Jakarta, mengatakan tahu aci adalah makanan tradisional Indonesia yang memiliki rasa gurih dan renyah.

Tahu aci dibuat dari tahu kuning yang khusus dibeli dari Tegal,  memiliki bentuk persegi empat yang dipotong dua berbentuk segitiga siku-siku.

Fauziah sedang membuat tahu aci khas Tegal yang dipesan pembeli online di kedainya di Jalan RA Fadillah, Jakarta Timur, Sabtu (24/4/2021). -Foto: Sri Sugiarti

Bagian tahu yang dibelah tersebut diberi adonan aci yang terbuat dari tepung kanji atau aci, potongan daun kocai, bawang putih dan beberapa bumbu rempah lainnya.

“Rasanya gurih dan enak, karena tahu kuning ini memang tahu produksi Tegal yang tidak ada di daerah lainnya. Taburan aci bumbu rempahnya sangat erat, sehingga tidak mudah lepas,” ujar Ziah, kepada Cendana News, di kedainya jalan RA Fadillah, Jakarta Timur, Sabtu (24/4/2021).

Biasanya, kata dia, kalau masyarakat berkunjung ke Tegal, tahu aci ini dibeli untuk oleh-oleh. Rata-rata mereka membeli tahu aci yang masih mentah, tapi sudah diberi adonan. Sehingga tinggal menggorengnya saja.

Di Jakarta, santapan khas Tegal ini banyak yang membeli setiap harinya, apalagi di bulan Ramadan ini.

“Kalau bulan Ramadan, tahu aci ini menjadi santapan wajib buka puasa. Karena terbukti banyak masyarakat Jakarta yang beli tahu ini di sini. Mungkin karena rasanya gurih dan nikmat, ya,” ujar Ziah.

Menurutnya, cara membuat tahu aci ini sangat mudah. Pertama, potong tahu menjadi dua bagian berbentuk segitiga siku-siku. Lalu buat adonan aci yang terbuat dari tepung kanji, potongan daun kucai, bawang putih dan bumbu rempah.

Adonan aduk hingga rata dan kalis. Setelah kalis, masukkan adonan aci ke atas potongan tahu kuning berbentuk segitiga siku-siku itu.

Lalu, goreng tahu aci khas Tegal itu dalam wajan besar dan api kecil, agar warna tahu merata tidak cepat gosong. Setelah matang, lalu tiriskan dan siap disajikan dengan cabai rawit.

“Cara buat tahu aci khas Tegal ini sangat mudah, yang penting cita rasanya tetap terjaga. Nah, untuk tahunya saya khusus beli dari Tegal, bukan tahu kuning biasa yang dijual di pasar atau warung. Jadi, rasanya beda, ya,” ujar wanita asal Tegal ini.

Satu buah tahu aci dijual seharga Rp1.000. Jadi, harganya sangat terjangkau untuk dijadikan sajian menu sehat buka puasa.

“Alhamdulillah, kalau bulan Ramadan hampir tiap hari banyak yang beli untuk santapan buka puasa. Mereka belinya puluhan sampai ratusan biji, ada yang untuk dimakan bersama keluarganya. Ada juga yang untuk takjil dibagikan pada orang di jalanan,” pungkasnya.

Lihat juga...